Residivis Narkoba Dihajar Warga saat Tepergok Curi Motor di Surabaya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Zain Ahmad

Warga Kendung Rejo I, Sememi, Benowo, Surabaya saat menangkap pelaku pencurian motor

jatimnow.com - Seorang bandit dihajar warga saat tepergok mencuri motor di Jalan Manukan Mulyo 6-H, Tandes, Surabaya. Setelah diamankan dan diperiksa polisi, terungkap bahwa pelaku adalah residivis kasus narkoba.

Bandit motor itu diketahui bernama Suharmanto (34) warga Jalan Kendung Rejo I, Sememi, Benowo, Surabaya. Dia mencuri motor bersama temannya pada Minggu (3/5/2020). Satu temannya yang berhasil kabur, saat ini masih diburu Unit Reskrim Polsek Tandes.

"Pelaku saat ini sudah kami tahan. Namun masih ada satu lagi pelaku yang berhasil kabur dan sudah kami tetapkan sebagai DPO," ungkap Kanitreskrim Polsek Tandes, Ipda Gogot Purwanto, Senin (4/5/2020).

Gogot menjelaskan, pencurian itu dilakukan kedua pelaku sekitar pukul 05.45 Wib. Kedua pelaku beraksi menggunakan motor Yamaha Mio berwarna merah putih. Saat tiba di rumah korban, keduanya melihat pagar rumah korban tidak dikunci dengan motor terparkir di ruang tamu.

Pencuri motor yang sempat dihajar warga diamankan di Mapolsek Tandes Pencuri motor yang sempat dihajar warga diamankan di Mapolsek Tandes

Mendapat sasaran, pelaku Suharmanto meminta rekannya memarkirkan motor. Setelah dirasa aman, Suharmanto masuk dan menuju ke ruang tamu rumah korban. Sementara DPO menunggu di luar sambil mengawasi situasi.

Niat tersangka untuk mencuri motor semakin terbuka setelah melihat kunci kontak masih tertancap di motor. Pelan-pelan Suharmanto mengeluarkan motor korban dan mendorongnya. Namun ketika keluar pagar, korban memergokinya dan meneriakinya maling.

Spontan, Suharmanto langsung menyalakan motor dan kabur. Warga yang mengetahui mencoba mengejarnya. Hingga sekitar 200 meter Suharmanto berhasil ditangkap. Lantaran jengkel, warga langsung menghajar Suharmanto sebelum akhirnya diamankan sejumlah anggota Polsek Tandes.

"Motor yang dicuri tersangka ini adalah Honda Vario bernopol W 3820 UF milik korban Kartika. Motor korban sudah berhasil dikeluarkan dari rumah, namun berhasil dihadang warga hingga akhirnya diamankan dan sempat dimassa," jelas Gogot.

Menurut Gogot, dalam pemeriksaan terungkap bahwa tersangka Suharmanto merupakan seorang residivis. Tersangka pernah ditahan di Polsek Benowo karena kasus narkoba. Sedangkan pencurian motor, pelaku mengaku baru sekali ini.

"Kasusnya masih kami kembangkan, termasuk memburu rekan tersangka yang kabur," tegasnya.

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter