Kereta Api Sambar Mobil Xenia di Blitar, Sirine Penanda Tak Berfungsi

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Petugas mengidentifikasi mobil bagian depan yang hancur.

jatimnow.com - Petugas kepolisian kini masih mendalami penyebab pasti terjadinya kecelakaan yang melibatkan rangkaian KA Gajayana tujuan Jakarta - Malang dengan Daihatsu Xenia nopol AG 1642 SF.

Warga yang rumahnya berada di sekitar lokasi kejadian menyatakan sirine tidak berfungsi ketika kereta api melintas, menjadi penyebab terjadinya kecelakaan tersebut.

"Sirinenya nggak bunyi. Dulu sering dibenahi tapi rusak lagi. Dibenahi rusak lagi. Lha terus sekarang sudah tidak dibenahi lagi. Sehingga kalau ada orang yang melintas nggak tahu kalau itu ada kereta," kata Jamal, warga setempat, Rabu (09/05/2018).

Baca juga: Minibus Disambar Kereta Api di Blitar, Sopir Sedang Belajar Mengemudi

Dari pantauan di lokasi, pintu perlintasan kereta api di KM 119+50 selain tak memiliki palang pintu, hanya dilengkapi oleh lampu peringatan dan sirine. Hanya saja sirine mati sehingga mengurangi kewaspadaan pengguna jalan.

Sementara berdasarkan penuturan petugas kereta api, keamanan dan rambu di perlintasan KM 119+50 merupakan kewenangan dari Dinas Perhubungan Kota Blitar.

Baca juga: Berita Foto: Kereta Api Gajayana Sambar Minibus di Blitar

"Ini milik Dinas Perhubungan. Kalau yang resmi pasti ada pintu perlintasannya seperti yang ada di Jalan Imam Bonjol," kata Wakil Kepala Stasiun Blitar Muhammad Nur Ghozuli.

Sementara itu insiden ini kini masih dalam proses penyelidikan petugas kepolisian. Mobil yang ringsek kini diamankan petugas untuk dijadikan sebagai barang bukti.

"Kita masih akan mendalami penyebab kecelakaan ini. Pengemudi hanya syok, tapi instruktur yang duduk disebelah kiri depan mengalami luka lebam dibagian pelipis kanan dan kini dilarikan ke RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar," terang Ipda Datuk Setiawan Panit Lantas Polsek Sananwetan Kota Blitar.

Baca juga: Kereta Api Gajayana Sambar Minibus di Blitar, Dua Orang Luka

Sebelumnya Rabu (08/05/2018) sebuah minibus Xenia warna hitam dengan nopol AG 1642 SF melaju dari arah timur ke barat tiba di perlintasan KAI yang ada di Lingkungan Ngegong Kelurahan Gedog Kota Blitar. Disaat yang sama, melintas sebuah rangkaian KA Gajayana tujuan Jakarta - Malang dari arah selatan ke utara.

Diduga, sopir yang merupakan siswa kursus mengemudi gugup sehingga berhenti terlalu mepet dengan rel kereta api yang membuat mobil terserempet lokomotif. Tak ada korban jiwa pada kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 08.30 tersebut. Namun para korban kini dirawat di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

 

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter