Wabah Virus Corona

Manfaatkan Stay at Home, Pemuda Probolinggo ini Buat Kerajinan Paralon

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

M Khozin membuat kerajinan paralon di tengah kebijakan stay at home

jatimnow.com - Kebijakan 'stay at home' selama pandemi Corona dimanfaatkan oleh Muhammad Khozin (26) untuk membuat kerajinan dari paralon.

Warga RT 05 RW 01 Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo itu memanfaatkan paralon dan membuatnya menjadi berbagai barang aksesoris rumah tangga. Mulai dari jam dinding, celengen dan lampu hias.

Dari tangan kreatifnya, pria yang masih bujang itu membuat kerajinan menggunakan alat diantaranya gerinda portable, mesin pemanas untuk melunakkan paralon dan stang repaid.

"Setiap pengerjaan model kerajinan, waktu penyelesaiannya bervariatif tergantung dari tingkat kesulitan desain atau ukiran kerajinan. Seperti jam dinding dengan motif ukir, saya menghabiskan waktu 3 hari untuk menyelesaikannya," kata Khazin, Jumat (8/5/2020).

Dirinya mendapat inspirasi membuat kerajinan itu saat dirinya masih kuliah di Yogyakarta. Ia melihat berbagai kerajinan yang dipamerkan di Yogyakarta dan diburu oleh masyarakat.

"Melihat itu, saya berkeinginan untuk mengembangkan bisnis kerajinan paralon ini di Probolinggo," papar dia.

Untuk penjualan, Khozin mengaku masih sebatas di media sosial saja.

"Alhamdulillah lambat laun mulai dikenal oleh masyarakat dan saya mulai merasakan keuntungan dari kerajinan ini," ujarnya.

Ia mematok harga kerajinan yang dibuatnya cukup terjangkau bagi masyarakat. Untuk jam dinding, harga yang ia patok sebesar Rp 100 ribu. Sedangkan celengan ukuran 15 sentimeter dengan harga Rp 45 ribu dan tempat tisu Rp 35 ribu.

"Yang menentukan harga tergantung dari tingkat kerumitan pembuatan dan ukuran," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter