jatimnow.com

Gedung Bekas Perpustakaan Ponorogo Jadi Shelter untuk Pasien Covid-19

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Gedung bekas perpustakaan, Jalan Trunojoyo, Kelurahan Tambakbayan, Kecamatan Ponorogo jadi shelter pasien Covid-19 🔍
Gedung bekas perpustakaan, Jalan Trunojoyo, Kelurahan Tambakbayan, Kecamatan Ponorogo jadi shelter pasien Covid-19

jatimnow.com - Langkah antisipasi dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19. Salah satunya yaitu menyiapkan shelter untuk pasien Covid-19.

"Shelter disiapkan di gedung bekas perpustakaan, Jalan Trunojoyo, Kelurahan Tambakbayan, Kecamatan Ponorogo. Shelter ini untuk mengantisipasi jika ada penambahan masyarakat yang diisolasi," terang Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, Kamis (14/5/2020).

Menurut Bupati Ipong, gedung bekas perpustakaan itu bisa menampung hingga 50 pasien. Di sana, akan disiapkan sejumlah tenaga kesehatan serta pengadaan alat.

Loading...

Gedung bekas perpustakaan, Jalan Trunojoyo, Kelurahan Tambakbayan, Kecamatan Ponorogo jadi shelter pasien Covid-19Gedung bekas perpustakaan, Jalan Trunojoyo, Kelurahan Tambakbayan, Kecamatan Ponorogo jadi shelter pasien Covid-19

"Sudah bisa dicek di sana, sudah disiapkan pengadaan alat dan personel," tambah Bupati Ipong.

Dia menyebut, gedung tersebut diberi sekat serta sesuai standart kesehatan. Apabila ada lonjakan pasien dalam pengawasan (PDP) serta orang tanpa gejala (OTG) yang sudah lama menjalani perawatan di rumah sakit, bisa dialihkan ke shelter.

"Di dalam shelter juga dengan pengawasan ketat, ada petugas kesehatan, BPBD juga," jelasnya.

Selain gedung bekas perpustakaan, lanjut Bupati Ipong, juga disiapkan gedung di wilayah perkotaan seperti sekolah-sekolah dari dinas pendidikan dan Kementerian Agama (Kemenag) seperti gedung MAN 1 dan MAN 2 Ponorogo.

"Kita siapkan di kota agar mobile lebih cepat, tapi untuk memenuhi peralatannya secara bertahap," pungkas Bupati Ipong.