Presiden Jokowi Lantik KSAL dan KSAU Baru di Istana

Editor: REPUBLIKA.co.id / Reporter: REPUBLIKA.co.id

Pelantikan KSAL dan KSAU di Istana Negara (Foto: YouTube/Sekretariat Presiden)

jatimnow.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) yang baru, Rabu (20/5/2020).

Dua panglima tinggi TNI yang dilantik tersebut yakni Laksdya Yudo Margono menjadi KSAL dan Marsdya Fadjar Prasetyo sebagai KSAU.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 32 dan 33 TNI/2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan KSAL serta KSAU. Dan Keppres No 34 dan 35 TNI/2020 tentang kenaikan pangkat dalam golongan perwira tinggi TNI.

"Mengangkat Laksamana Madya TNI Yudo Margono sebagai KSAU dan menaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi menjadi Laksamana TNI. Serta mengangkat Marsekal Madya TNI Fadjar Prasetyo sebagai KSAU dan menaikkan pangkatnya satu tingkat lebih tinggi menjadi Marsekal TNI," bunyi keputusan yang dibacakan.

Setelah acara pelantikan dimulai, dilanjutkan dengan membacakan sumpah jabatan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," ucap Jokowi saat membacakan sumpah jabatan dan ditirukan oleh pejabat yang dilantik.

Acara kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah jabatan dan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat.

Namun, pemberian ucapan selamat tidak dilakukan dengan berjabat tangan, melainkan dilakukan dengan menerapkan jaga jarak.

Proses pelantikan ini tidak dilakukan seperti biasanya. Presiden Jokowi juga tampak mengenakan masker berwarna biru saat acara pelantikan.

Seluruh tamu yang hadir pun tampak mengenakan masker dan melakukan jaga jarak karena pelantikan dilakukan di tengah pandemi covid.

Selain itu, pihak Istana juga membatasi jumlah tamu yang hadir sehingga prosesi pelantikan pun disiarkan langsung secara live streaming oleh Sekretariat Presiden.

Dalam pelantikan ini turut dihadiri oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan juga Menkopolhukam Mahfud MD.

Seperti diketahui, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memasuki usia pensiun pada bulan ini.

Sedangkan, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna akan memasuki masa pensiun pada Juni 2020 mendatang.

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter