Perempuan Diduga ODGJ di Gresik Ditemukan Hamil 8 Bulan

Petugas mengevakuasi perempuan diduga ODGJ di Gresik yang hamil 8 bulan

jatimnow.com - Perempuan diduga orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang sedang hamil tua diamankan ke Puskesmas Sidayu, Gresik. Dalam pemeriksaan, perempuan ini hamil dengan usia kandungan sekitar 8 bulan.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Gresik Sentot Supriyohadi mengatakan, perempuan itu dibawa petugas kesehatan setelah akhir-akhir ini berkeliaran di sekitar alun-alun Kecamatan Sidayu.

"Setelah diperiksa di Puskesmas Sidayu, hari ini rencananya dibawa ke Rumah Sakit Ibnu Sina Gresik," ujar Sentot, Jumat (12/6/2020).

Sentot menambahkan, dinas kesehatan telah melakukan koordinasi dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT), Pelayanan Sosial Asuhan (PSA) Balita Pemprov Jawa Timur yang terletak di Sidoarjo, agar nantinya bisa merawat bayi yang kini dikandung perempuan itu.

"Kami juga telah melakukan komunikasi dan meminta bantuan PSA Balita Jatim agar nantinya dapat merawat bayi yang dilahirkan oleh perempuan yang diduga mengalami gangguan jiwa ini," imbuh Sentot.

Dalam beberapa hari terakhir, warga di sekitar Alun-alun Sidayu digegerkan dengan seorang perempuan yang diduga ODGJ yang sedang hamil tua.

Usmawati salah satu warga mengaku hampir setiap hari mencari keberadaan perempuan yang diduga ODGJ itu untuk sekedar melihat kondisi serta memberikan makanan.

Loading...

"Sebagai sesama perempuan hati saya merasa terketuk. Karena itu saya sering mencarinya di sekitar Alun-alun Sidayu untuk mengetahui kondisinya. Selain itu saya juga mengirim makanan agar dia dan bayinya mendapat asupan gizi yang cukup," ucap aktivis Nasyiatul Aisyiyah itu.

Berita Terkait