Seorang Santri Positif Covid-19, Ponpes Gontor 2 Diisolasi

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Foto: www.freepik.com

jatimnow.com - Positif Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Ponorogo bertambah dua pasien. Kedua pasien itu adalah seorang anak yang berusia 6 tahun dan satu santri dari Pondok Pesantren (Ponpes) Gontor 2 berusia 17 tahun.

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni menyebut untuk santri yang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah warga dari Kecamatan Siman.

Ia datang ke Ponpes Gontor pada 17 Juni lalu. Saat itu, pasien diketahui tidak membawa surat keterangan pemeriksaan rapid test.

"Tetapi pada 2 Juli melalui Dinkes Provinsi Jawa Timur, didapatkan info bahwa bapaknya yang berada di Sidoarjo dinyatakan positif Covid-19," kata Bupati Ipong, Selasa (7/7/2020).

Pihak Dinkes Ponorogo melakukan pemeriksaan swab PCR pada santri itu.

"Hari ini didapatkan hasil positif. Saat ini dia sudah diisolasi di rumah sakit," lanjutnya.

Untuk menanggulangi penyebaran Covid-19 di Ponpes Gontor, semua kontak erat dengan santri tersebut wajib diisolasi dari warga pondok yang lain akan dilakukan test baik rapid diagnostic test (RDT) maupun swab PCR.

"Untuk sementara warga ponpes yang ada di dalam tidak diperkenankan untuk keluar pondok. Begitu juga tidak diperkenankan menerima tamu atau kunjungan untuk keperluan apapun kecuali pemenuhan kebutuhan pokok dan pelayanan kesehatan. Akan dilakukan pengawasan dan pemantauan terhadap pelaksanaan isolasi di pondok. Semoga upaya ini dapat mengendalikan dan mencegah penularan lebih lanjut," tegasnya.

Sementara kasus kedua seorang anak berusia 6 tahun adalah putra pertama pasien nomor 44. Sedangkan adiknya yang berusia 1 tahun saat ini juga dirawat di rumah sakit karena 3 hari yang lalu sempat mengalami demam.

"Sudah diambil swab namun hasil pemeriksaan PCR belum keluar," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter