Evakuasi Pendaki yang Tewas di Puncak Gunung Lawu Berlangsung 5 Jam

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Proses evakuasi korban

jatimnow.com - Tim gabungan terdiri dari SAR Trenggalek, BPBD Magetan, BPBD Karanganyar, Polri dan TNI berhasil mengevakuasi jenazah pendaki di puncak Gunung Lawu, Selasa (7/7/2020) dinihari.

Tim memakan waktu 5 jam untuk evakuasi Andi Sulistyawan (18), warga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca juga: 

"Waktunya sekitar 5 jam. Kami naik ke puncak Gunung Lawu dari pintu Cemoro Kandang, Karanganyar pada pukul 19.00 Wib. Turun pada pukul 00.25 wib," ujar Komandan Tim Operasi dari Basarnas Trenggalek, Eko Aprianto.

Korban kemudian dibawa ke Puskesmas Tawangmangu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng). Menurutnya, evakuasi berlangsung cukup lama selama 5 jam karena terkendala cuaca.

"Kami memberangkatkan 5 orang ke atas. Kendalanya cuaca, malam tadi hujan, berkabut dan anginnya sangat kencang," terangnya.

Korban ditemukan di kawasan Gegerboyo dan jatuh tujuh meter dari jalur pendakian. Kondisi korban saat ditemukan tidak mengenakan baju. Diduga baju terlepas saat terjatuh.

"Saat ditemukan itu korban tidak pakai baju, tapi pakai celana. Kemungkinan dia meninggal karena hipotermia," pungkasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter