Satu Santri Positif Covid-19, Ini Penjelasan Pengurus Ponpes Gontor 2

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Ponpes Modern Darussalam Gontor Kampus 2 di Ponorogo

jatimnow.com - Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor Ponorogo membenarkan salah satu santri di Kampus 2 yang berada di Siman, Madusari terpapar Covid-19.

"Berdasarkan atas penelusuran tim IKPM dan koordinasi dengan Wakil Pengasuh Gontor 2, santri tersebut berasal dari Sidoarjo dan tiba pada 17 Juni 2020 bersama rombongan IKPM Sidoarjo. Yang bersangkutan membawa surat keterangan sehat dan surat pernyataan telah melakukan karantina mandiri dari 6 Juni-16 Juni. Surat bermaterai dan ditandatangani walinya," kata Ketua 1 Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Pondok Modern Gontor, Ustaz Adib Fuadi Nuriz dalam siaran pers yang diterima redaksi, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Seorang Santri Positif Covid-19, Ponpes Gontor 2 Diisolasi

Setelah tiba di ponpes, santri tersebut melakukan aktivitas seperti biasanya dan terpantau dalam kondisi sehat. Tidak ada gejala sakit dan keluhan apapun.

"Lalu pada 2 Juli ada info dari Dinkes Ponorogo jika ayah dari santri tersebut dinyatakan positif maka dilakukan swab pada anaknya. Sampel dikirim ke BPLK Surabaya dan anaknya dinyatakan positif pada 4 Juli," lanjutnya.

Santri telah dibawa dan dirawat di salah satu rumah sakit di Ponorogo. Pihak pondok diakuinya telah melakukan tracing terhadap teman dari santri.

"Tracing terhadap teman satu kamar, satu kelas dan teman-temannya yang berhubungan juga dilakukan," terusnya.

Untuk semua santri di Ponpes Modern Darussalam Gontor Kampus 2 yang berhubungan erat dengan pasien sudah di karantina sesuai dengan standart protokol Covid-19.

"Pantauan terhadap semua santri dilakukan secara ketat dan Alhamdulillah sehat semua, tidak ada yang menunjukkan gejala sakit atau keluhan apapun," ujar dia,

Begitu juga dengan santri asal Sidoarjo yang disebut terpapar Corona tersebut sejak kedatangan hingga dibawa ke rumah sakit tidak menujukkan gejala atau keluhan apapun.

"Kita sangat kooperatif dengan semua pihak termasuk Dinkes Ponorogo. Saat persiapan kedatangan santri kita berkoordinasi dengan pemerintah Ponorogo beserta jajarannya," pungkasnya.

Saat ditanyakan tentang apakah ponpes akan melakukan pembelajaran kepada santri secara online, pihak pengurus tidak memberikan jawaban hingga pukul 13.08 Wib.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter