Pilwali Surabaya 2020

Rusunawa Siwalankerto Bagus, Machfud Arifin Ingin Memanusiakan Manusia

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Machfud Arifin menyapa warga di Rusunawa Siwalankerto

jatimnow.com - Calon Wali Kota Surabaya Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin mempunyai mimpi ingin memanusiakan manusia bagi warga Kota Pahlawan.

Ke depan, Machfud berharap warga Surabaya memiliki tempat tinggal yang layak, minimal seperti di rumah susun sewa (rusunawa) Siwalankerto, Kecamatan Wonocolo.

"Rusunawa selalu menjadi gambaran saya bahwa ke depan untuk menghilangkan kekumuhan itu contohlah di sini (rusunawa Siwalankerto). Cuma jalannya perlu diapiki (diperbaiki), aksesnya dibikin bagus," kata Machfud Arifin saat sapa warga di gedung olah raga komplek Rusunawa Siwalankerto, Selasa (7/7/2020) malam.

Usai sapa warga di gedung olah raga, Machfud yang didampingi istrinya Ny Lita Machfud Arifin meninjau Rusunawa Siwalankerto. Rombongan juga menyapa warga di Rusunawa Siwalankerto dan melihat ukuran rumah susun yang ditempati warga yakni rata-rata ukurannya 35 meter persegi.

"Rusun untuk solusi ke depan. Karena di Surabaya tanahnya sangat terbatas, sudah agak susah mencari tanah yang luas untuk membangun rumah-rumah yang landed (rumah tapak)," tuturnya.

Cawali Surabaya yang diusung koalisi partai PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP, NasDem, Golkar dan PKS ini menceritakan, banyak rumah warga yang berada di jantung kota seperti di kawasan Urip Sumoharjo yang tidak layak dan pemukiman sangat padat.

"Kita bisa menyaksikan sendiri. Saya sudah keliling ke mana-mana, rumah yang di jantung kota, baik itu di Urip Sumoharjo, di Wonokromo, di mana-mana yang rumahnya sangat tidak layak. Ini (Rusunawa Siwalankerto) ukurannya 35 meter persegi loh," katanya.

"Saya temukan di Urip Sumoharjo rumahnya Bu RT, Pak RT, namanya pun saya ingat Pak Nanang, Bu Solekah itu RT di Urip Sumoharjo, rumahnya di gang lorong dan perkampungan padat. Kemudian Pak Nanang RT juga di sana 2 x 4 dua lantai, itu tidak layak huni," tambahnya.

Mantan Kapolda Jatim ini mengapresiasi Rusunawa Siwalankerto yang dapat dijadikan contoh. Meski ukurannya 35 meter persegi, namun penantaannya lumayan bagus ada ruang terbuka untuk sirkulasi udara.

"Ke depan Surabaya minimal bisa seperti inilah. Memanusikan manusia, lingkungan yang sehat. Ini sehat ada ruang udara, ada sirkulasi udara, ini bisa menjadi contoh. Ini bagus, hanya perlu ditingkatkan lagi," ujarnya.

"Cuman pemerintah memberi perhatian lah khusus terhadap warga-warga ini. Ke depan (rumah susun) harus kita bangun lebih baik lagi. Daripada rumah tapi kamar mandi nggak ada, WC nggak ada," jelasnya.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya sekitar Rp 10 Triliun. calon Wali Kota Surabaya ini berharap dengan PAD yang besar diharapkan dapat memakmurkan warga dan memajukan Kota Surabaya.

"Mudah-mudahan kemampuan daerah untuk mendapatkan PAD yang besar, bisa untuk kepentingan warganya," jelasnya.

 Calon Wali Kota Surabaya Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin

 Machfud Arifin didampingi istrinya Ny Lita menyapa warga di Rusunawa Siwalankerto

Machfud Arifin melihat Rusunawa Siwalankerto

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter