jatimnow.com
Hobi Piara Lovebird, PNS Ponorogo ini Raup Puluhan Juta Rupiah

Arif memelihara burung lovebird

jatimnow.com - Seorang PNS Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo menghasilkan keuntungan puluhan juta dari hobinya memelihara berbagai jenis lovebird (burung cinta).

Pria itu adalah Arif Pujian warga Desa Singkil, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo.

"Awalnya tertarik karena keindahan warna yang bervariasi," kata Arif yang menjabat sebagai Kasubbag Kelembagaan dan Analisis Jabatan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Ponorogo, Jumat (17/7/2020).

Ia mengaku menggeluti hobi memelihara loverbird sejak Tahun 2014. Awalnya dirinya hanya iseng menukar sepasang burung kenari miliknya dengan sepasang burung lovebird milik rekan kerjanya. Kecintaan terhadap hewan itu membuat dirinya mulai menangkarkan berbagai jenis lovebird.

"Dari situ semakin banyak. Saya memelihara mulai jenis Personatus (personata), Biola, Euwing, Pied, Parblue beserta mutasi-mutasinya," jelas pria yang mempunyai dua orang anak itu.

Menurutnya Personatus menjadi ikon penangkaran lovebird miliknya. Menurutnya, pada Tahun 2014 masih jarang orang menangkap burung lovebird jenis Personatus.

"Apalagi tingkat kesulitan dalam mencetak Personatus merupakan tantangan tersendiri dari pada menangkarkan jenis lovebird warna lainnya," paparnya.

Hobi nya memelihara burung lovebird, kata dia, berubah menjadi bisnis pada Tahun 2017. Pasalnya burung lovebird sempat booming dengan melejitnya harga hingga puluhan juta bahkan ratusan juta.

"Saya seperti menerima durian runtuh. Karena banyak yang menawar burung peliharaan saya hingga puluhan juta," ujar dia.

Ia mengklaim saat booming burung lovebird, dia sampai bisa membeli secara cash motor N Max. Bahkan, kata dia, juga merenovasi rumah yang dirinya tinggal bersama keluarga kecilnya.

Meski kini masa burung lovebird sudah mulai menurun, akan tetapi kecintaannya kepada hewan itu tidak luntur. Justru saat ini koleksi loverbird di tempat penangkarannya semakin bertambah.

"Ya kalau saya kembali lagi sih. Awalnya cuma hoby kemudian ke bisnis. Nah sudah merosot kembali lagi ke hoby," tegasnya.

Loading...

Menurut Arif, penangkaran burung lovebird tidak membutuhkan keterampilan khusus, hanya butuh ketelatenan dan konsistensi dalam merawat burung. Arif menceritakan bahwa untuk menjaga kesehatan lovebird kesayangannya, dia selalu memberikan vitamin.

"Menjaga kebersihan sangkar dan melakukan penyemprotan kandang secara rutin dengan antiseptik agar terhindar dari penyakit, " pungkasnya.

Berita Terkait