Warga Manggarai Barat Aksi Dukung Pembangunan Destinasi Super Premium

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Aksi damai warga Manggarai Barat

jatimnow.com - Ratusan masyarakat Manggarai Barat menggelar aksi damai pada kegiatan mimbar bersama dukung pembangunan destinasi super premium di depan Kantor Badan Otoritas Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF).

Dukungan terhadap suksesnya kebijakan pemerintah dalam membangun destinasi super premium di Labuhan Bajo terus mengucur.

Masyarakat Manggarai Barat meminta pemerintah agar bergerak cepat semaksimal mungkin membangun destinasi super premium.

Ketua Aksi, Florianus Surion Adu mengatakan penunjukan BOPLBF di Labuan Bajo sekaligus penetapan kawasan strategis nasional adalah bentuk nyata dan fakta bahwa negara hadir demi memajukan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata.

"Kebijakan pemerintah adalah berkah bagi masyarakat Manggarai Barat yang tentunya hal itu juga sangat diharapkan daerah-daerah lain yang memiliki potensi pariwisata yang sama di Indonesia khususnya masyarakat NTT," katanya dalam siaran pers yang diterima redaksi, Rabu (12/8/2020).

Kemudian kebijakan carrying capacity yang dilakukan Kementerian Lingkungan dan Kehutanan RI di kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) mutlak bertujuan menselaraskan antara daya dukung kawasan dan jumlah maksimum individu didukung oleh sumberdaya ekosistem yang ada.

Suara negatif dari kelompok tertentu yang mengatasnamakan pelaku industri pariwisata di Labuan Bajo menolak kebijakan carrying capacity dengan alasan 'membunuh' aktivitas industri pariwisata secara tegas dibantah.

Florianus menegaskan, pembangunan sarana pariwisata yang dilakukan pemerintah pusat tersebut dibangun diatas zona pemanfaatan wisata daratan seluas kurang lebih satu hektar.

Selain itu, bangunan yang dimaksud adalah renovasi bangunan yang lama dan yang terletak di area zona pemanfaatan berciri khas betonisasi seperti yang sudah ada saat ini di Loh Liang Pulau Komodo, Papagarang serta beberapa pos Taman Nasional Komodo serta bangunan rumah rakyat di zona pemukiman khusus Kawasan Taman Nasional Komodo.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter