Kekeringan Landa Kabupaten Pasuruan, 14 Desa Kekurangan Air Bersih

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Warga di Kabupaten Pasuruan antre air bersih yang disuplai BPBD setempat

jatimnow.com - Krisis air bersih juga mulai terjadi Kabupaten Pasuruan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan menyebut ada 14 desa di 6 Kecamatan yang saat ini rutin disupali air bersih.

"Saat ini ada 14 desa di 6 kecamatan di Kabupaten Pasuruan yang rutin disuplai air bersih," jelas Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan, Tectona Jati, Jumat (14/8/2020).

Adapun kecamatan dan desa yang rutin disuplai air bersih yaitu tiga desa di Kecamatan Winongan, meliputi Desa Jeladri, Sumberrejo dan Kedungrejo.

Kemudian Kecamatan Lumbang terdiri dari Desa Watulumbung, Lumbang dan Cukurguling serta Kecamatan Lekok ada satu desa, yaitu Desa Pasinan.

Lalu di Kecamatan Gempol melanda Desa Wonosunyo dan Bulusari; Kecamatan Kejayan di Desa Kedungpengaron dan Oro-oro Pule. Untuk di Kecamatan Pasrepan, melanda tiga desa, yaitu Desa Pasrepan, Mangguan dan Ngantungan.

"Kuota suplai air bersihnya tidak sama. Ada satu desa cuma hanya sebagian kecil yang kekeringan tidak merata. Otomatis suplainya sedikit. Ada satu desa ada beberapa dusun yang kekeringan, ada satu desa yang satu dusun. Jadi ada yang dua rit ada yang satu rit. Kita sesuaikan kebutuhan di lapangan," jelas Tecto.

Namun untuk memenuhi suplai air bersih di 14 desa itu secara rutin, BPBD mengaku terkendala anggaran yang terbatas. Untuk itu BPBD berkoordinasi dengan instansi lain seperti dinas sosial. BPBD juga menggalang kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang dekat dengan wilayah kekeringan.

Tecto menyadari, meski telah menggandeng perusahaan untuk suplai air bersih ke masyarakat, hal itu dirasa masih belum mencukupi kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

"Rencana kita juga mengusulkan ke provinsi, biar ada suplai juga dri BPBD Provinsi (Jatim). Itu langkah kita dalam menangani wilayah kekeringan di Kabupaten Pasuruan," cetusnya.

Tecto memaparkan, ada tiga desa lagi yang rencananya akan dilakukan suplai air bersih dalam beberapa waktu ke depan, yaitu dua desa di Kecamatan Pasrepan, meliputi Desa Sibon dan Petung. Kemudian di Kecamatan Grati ada Desa Karanglo.

"Desa Sibon dan Petung rencananya akan disuplai air bersih oleh dinas sosial, tapi infonya kendaraannya trouble. Sedangkan di Desa Karanglo berpotensi kekeringan, tapi saat ini sumbernya masih ada," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter