jatimnow.com
Kiai Ja'far Sampang Nilai Machfud Arifin Figur yang Arif dan Bijaksana

Cawali Surabaya Machfud Arifin dan Kiai Ja'far Sampang

jatimnow.com - Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum, Gersempal, Omben, Sampang, KH R Ja'far Yusuf menilai bahwa Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin merupakan figur yang arif dan bijaksana. Dia menilai mantan Kapolda Jatim itu bagus untuk menjadi wali kota Surabaya.

"Saya kenal beliau sudah lama sejak beliau menjadi Kapolda Jatim. Dan saya sering bertemu beliau. Beliau silaturahim ke rumah, juga saya silaturahim ke beliau. Saya kira beliau itu menurut pandangan pribadi saya, sesuatu yang bagus, artinya jadi seorang pemimpin," ujar Kiai Ja'far, Senin (17/8/2020).

Kiai Ja'far menambahkan, sebenarnya figur Machfud Arifin bukan levelnya memimpin Surabaya, lantaran wilayahnya terlalu kecil. Namun demi warga Surabaya agar lebih makmur lagi, sehingga dibutuhkan figur Machfud Arifin.

"Sebetulnya untuk Surabaya ini masih terlalu kecil bagi beliau, itu menurut saya. Karena beliau levelnya bukan Surabaya saja, tapi sudah Jawa Timur. Tapi nggak ada masalah, demi masyarakat Surabaya terutama," ungkapnya.

Baca juga:  Kiai Ja'far Sampang Instruksikan Warga Surabaya Dukung Machfud Arifin

"Mudah-mudahan saya doakan, mudah-mudahan beliau jadi wali kota nanti. Sehingga bisa memimpin Surabaya, membawa Surabaya lebih makmur lagi, lebih bagus lagi dari masa-masa yang dulu. Mudah-mudahan masyarakat Surabaya menjadi masyarakat yang diridhoi Allah SWT," tambah Kiai Ja'far.

Meski tidak memiliki hak pilih di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya pada 9 Desember 2020 nanti, Kiai Ja'far tetap mendoakan dan mengajak masyarakat Surabaya memilih dan memenangkan Machfud Arifin sebagai wali kota.

"Saya hanya berdoa. Walaupun saya tidak punya hak untuk memilih di Surabaya, tapi saya selaku orang yang tahu tentang beliau, saya sangat mendukung beliau menjadi wali kota Surabaya. Mudah-mudahan nanti dipilih oleh masyarakat Surabaya," ujarnya.

"Makanya saya mengajak kepada teman-teman, kepada alumni, mari bersama-sama yang punya hak pilih di Surabaya jangan salah pilih. Artinya tetap memilih beliau karena menurut pandangan saya beliau orangnya bagus, arif dan bijaksana. InsyaAllah," sambung Kiai Ja'far.

Sebagai pemimpin atau wali kota harus bisa melayani, mengayomi dan melindungi. Menurutnya, figur Machfud Arifin memiliki kriteria tersebut.

"InsyaAllah menurut pandangan saya seperti itu. Memang seorang pemimpin harus bisa mengayomi. Pemerintah, negara harus mengayomi rakyat. Itu kan tugasnya. Jadi mudah-mudahan beliau bisa mengayomi rakyat di Surabaya. InsyaAllah," jelasnya.

Loading...

Sebagai pemimpin yang terbaik, juga mementingkan kemaslahatan ummat. Katanya, Machfud Arifin layak menjadi wali kota Surabaya.

"InsyaAllah. Apalagi beliau bukan hanya satu dua kiai yang mendukung, walaupun bukan di Surabaya. Ada yang di Sidogiri (Pasuruan), juga dari Situbondo, dari Lirboyo (Kediri), pokoknya banyak kiai mendukung beliau jadi wali kota. Karena apa, para kiai tahu persis siapa Pak Machfud Arifin itu, tahu persis. InsyaAllah jadi wali kota," tandasnya.

Berita Terkait