Tolak Pemakaman Bomber, 7 Galian di TPU Putat Gede Ditutup Warga

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Narendra Bakrie

Warga menutup 7 lubang makam yang disiapkan oleh pengelola amkam Putat Gede Surabaya

jatimnow.com - 7 lubang makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Putat Gede Surabaya, yang sedianya akan digunakan untuk jenazah teroris bom bunuh diri Surabaya ditutup warga, Kamis (17/5/2018).

Warga sekitar memadati area TPU Putat Gede saat mengetahui 7 lubang yang disiapkan untuk para teroris. Para warga menolak pemakaman di TPU tersebut.

"7 lubang makam itu sudah kami ketahui sejak siang tadi. Kami kira untuk siapa. Ternyata untuk teroris," kata Hariono, warga setempat.

Menyadari itu, sejumlah warga langsung mengambil cangkul masing-masing dan langsung menutup kembali 7 lubang makam yang diketahui digali oleh petugas TPU.

Sayang, petugas penggali makam TPU saat itu tidak ada di lokasi. Proses penutupan 7 lubang makam oleh warga berlangsung hingga pukul 17.30 Wib.

"Kita ini lho nggak tau darimana asal terorisnya. Kok tiba-tiba dimakamkan disini. Akhirnya kami sepakat menutupnya," tegas Hariono.

Ditanya bagaimana jika nantinya para teroris tetap akan dimakamkan di TPU itu? Hariono menyatakan tentunya warga tidak bisa menghalanginya. Karena makam itu memang makam umum yang dikelola Pemkot Surabaya.

"Apalagi pasti yang ngawal pemakaman bawa senjata. Mana berani kita melawan," sambungnya.

Informasi yang diperoleh jatimnow.com di lapangan. Polda Jatim memang hari ini menjadwalkan menyerahkan 10 jenazah teroris kepada keluarga untuk dimakamkan. Namun dengan alasan tertentu, Polda Jatim membatalkan penyerahan itu.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter