Jatim Memilih

Gus Ipul Berharap Jatim Jadi Produsen Susu Terbesar di Indonesia

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Cagub Jatim Gus Ipul berdialog dengan anggota Koperasi Sae Pujon Malang

Jatimnow.com  -  Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap, Jawa Timur menjadi produsen susu sapi terbesar di Indonesia. Untuk mendukung jadi yang terbesar, pihaknya akan berupaya mengintervensi peternak sapi perah.

"Produksi susu sapi segar di Jawa Timur per harinya sekitar 1.100 ton susu, dan memberikan kontribusi hingga lebih 50 persen untuk konsumsi nasional," kata Saifullah Yusuf disela menghadiri undangan di acara Rapat Anggota Terbatas (RAT) Koperasi Sae, Pujon, Kabupaten Malang, Kamis (1/3/2018).

Cagub Jatim nomor urut 2 yang berpasangan dengan calon Wakil Gubernur Jatim Puti Guntur Soekarno ini mengapresiasi Koperasi Sae yang sukses mengembangkan susu di Indonesia.

"Perkembangan koperasi ini semakin baik. Anggotanya juga semakin bersemangat. Jawa Timur sebagai basis produsen susu sapi secara nasional. Dan Koperasi Sae merupakan salah satu penyumbang (produksi) terbesar di Jawa Timur, bahkan di Indonesia," tuturnya.

Dari total produksi susu sapi segar di Jatim 1.100 ton susu per hari, Koperasi Sae menyumbangkan produksi sekitar 94 ton dari 9000 peternak yang menjadi anggota.

"Koperasi ini sebenarnya bukan hanya bermanfaat untuk masyarakat Pujon atau Malang saja. Tapi juga untuk Jawa Timur dan Indonesia pada umumnya," terangnya.

Meski produksi susu sapi anggota Koperasi Sae cukup tinggi. Gus Ipul berharap, peternak masih dapat meningkatkan produksinya. Hal tersebut mengacu pada jumlah kepemilikan sapi pada setiap peternak, yang saat ini rata-rata sekitar 2 ekor sapi per orang.

"Idealnya bisa lima sampai enam ekor sapi per orang," katanya.

Untuk mendukung upaya peningkatan produksi susu sapi segar (perah), kata Wakil Gubernur Jatim dua periode bersama gubernur Pakde Karwo ini, ke depan pemerintah perlu melakukan intervensi melalui berbagai program seperti, memberikan bantuan yang disalurkan melalui koperasi.

"Pemerintah bekerjasama dengan koperasi. Peningkatan ini juga untuk membantu peningkatan income para peternak," jelasnya.

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Arif Ardianto
 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter