Jalur Track Rusak, Jadwal Kedatangan KA di Stasiun Madiun Sempat molor

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Suasana stasiun kereta api/Foto: Mita Kusuma

jatimnow.com - Tumpuan bantalan yang rusak dan agak miring pada track rel kereta api di Kebumen berimbas pada kedatangan beberapa Kereta Api (KA) di Stasiun Madiun, Selasa (22/5/2018).

Informasi yang didapat jatimnow.com, track di Kebumen rusak, Selasa (22/5/2018) dini hari atau sekitar pukul 00.38 wib. Sehingga saat itu kondisi jembatan tidak bisa dilewati perjalanan KA.

Lokasi jembatan berada km 449 + 877 antara Stasiun Soka-Kebumen, di wilayah Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen Jateng. "Jadi baru kami perbaiki. Namun jam 03.00 WIB informasinya baru normal," kata Manager Humas Daop 7 Madiun, Supriyanto, Selasa pagi.

Namun, lanjut ia, rusaknya track berimbas pada dua KA yang melintasi stasiun Madiun, yakni KA Kahuripan dan KA Turangga.

"KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Madiun-Blitar terlambat lebih kurang 230 menit dari jadwal kedatangan di Madiun. Seharusnya pukul 05.26 WIB menjadi pukul 09.16 WIB," terangnya.

Demikian juga dengan KA Turangga relasi Bandung-Madiun-Surabaya Gubeng molor hingga 253 menit. Dari jadwal seharusnya tiba di stasiun Madiun 05.39 WIB menjadi pukul 09.52 WIB.

Ia menjelaskan, khusus untuk perjalanan KA Kahuripan dari Kiaracondong menuju Blitar yang perkiraan baru masuk stasiun Blitar lebih kurang pukul 12.00 WIB. Sehingga perlu upaya untuk mengurangi kelambatan keberangkatan KA Kahuripan.

"Kami mengurangi keterlambatan dengan melakukan rekayasa operasional perjalanan KA Kahuripan," tegasnya.

Kegiatan rekayasa yang dilakukan adalah KA Kahuripan yang diperkirakan akan datang di stasiun Madiun pukul 09.16 WIB, akan dikurangi 2 kereta dan ditinggal di stasiun Madiun. Untuk dilakukan perawatan dan pembersihan.

Selanjutnya, sisa rangkaian melanjutkan perjalanan mengantar Penang menuju stasiun Caruban sampai Blitar.

Sedangkan untuk keberangkatan dari Blitar pukul 12.10 WIB KA Kahuripan relasi Blitar-Madiun menggunakan rangkaian cadangan yang sudah disiapkan dan sudah dilakukan perawatan dan pembersihan di stasiun Blitar.

Dan sesampainya di stasiun Madiun ditambahkan 2 kereta. KA Kahuripan Masiun-Kiaracondong berjalan normal sesuai jadwal pukul 15.15 WIB

"Rekayasa ini untuk mengurangi kelambatan KA, dan sebelumnya PT KAI sudah memastikan kondisi kereta cadangan terawat dan bersih," ungkapnya.

Reporter: Mita Kusuma

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter