Beredar Video Razia Tambang Emas Ilegal di Banyuwangi Diprotes Warga

Editor: Narendra Bakrie / Reporter:

Warga memprotes razia tambang emas ilegal yang digelar Perhutani, polisi dan TNI

jatimnow.com - Beredar video berisi razia tambang emas ilegal oleh polisi dan Perhutani sempat diprotes warga. Belakangan diketahui razia gabungan itu digelar di Dusun Ringin Agung, Desa/Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Dalam video berdurasi 2 menit 39 detik itu terlihat sejumlah anggota polisi, TNI serta petugas Perhutani. Puluhan warga tampak berkerumun saat petugas memindahkan alat-alat tambang dari pikap ke mobil patroli polisi.

"Orang hidupnya di laut cari makannya ya di laut. Orang hidupnya di hutan cari makannya ya di hutan. Orang hidupnya di desa cari makannya ya di desa. Orang hidupnya di kota cari makannya ya di kota," ucap suara pria dalam video yang beredar Jumat (25/9/2020) itu.

Razia tambang emas ilegal yang digelar Perhutani, polisi dan TNI di BanyuwangiRazia tambang emas ilegal yang digelar Perhutani, polisi dan TNI di Banyuwangi

Sementara Administratur Kesatuan Pemangku Hutan (Adm KPH) Perhutani Selatan, Nur Budi menyebut bahwa video itu adalah razia gabungan Perhutani, kepolisian dan TNI di petak 56 lahan Perhutani Dusun Ringin Agung.

"Betul mas. Kita bersama kepolisian dan TNI merasia bareng," terang Budi saat dikonfirmasi jatimnow.com.

Terpisah, Kapolsek Pesanggaran, AKP Subandi belum bisa dikonfirmasi. Hingga pukul 19.30 Wib, telepon kapolsek tidak aktif.

Namun dari informasi yang dihimpun jatimnow.com, dalam razia itu, petugas gabungan berhasil menyita dua mesin yang biasa dipakai para penambang emas ilegal di lahan Perhutani.

 

Reporter: Rony Subhan

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter