Pixel Codejatimnow.com

Bupati Anas Lantik Dewan Kesenian Blambangan Periode 2018-2023

Editor : Narendra Bakrie  
Bupati Anas melantik Dewan Kesenian Blambangan Periode 2018-2023
Bupati Anas melantik Dewan Kesenian Blambangan Periode 2018-2023

jatimnow.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berharap agar seni dan budaya menjadi instrumen pendorong persatuan dan kekompakan segenap elemen daerah.

Bupati Anas juga berharap agar seni dan budaya daerah menjadi instrumen yang melambungkan nama dan prestasi Banyuwangi di kancah yang lebih luas.

Harapan-harapan itu disampaikan Bupati Anas saat melantik kepengurusan Dewan Kesenian Blambangan (DKB) Periode 2018-2023 di Pendopo Sabha Swagata, Rabu (14/10/2020). Hasan Basri ditetapkan sebagai Ketua DKB yang baru.

Bupati Anas menyebut bahwa selama ini kemajuan yang dicapai Banyuwangi tidak lepas dari peran seniman dan budayawan yang aktif merawat dan melestarikan kesenian dan budaya lokal.

Berkat seni dan budaya, Banyuwangi telah dikenal luas dan prestasinya tidak hanya tercatat di kancah nasional, bahkan internasional.

"Kami berterima kasih kepada seniman dan budayawan yang terus aktif berkesenian dan melestarikan budaya tanpa mengenal bosan dan lelah. Sehingga kesenian Banyuwangi saat ini semakin eksis dan dikenal khalayak luas. Seni budaya Banyuwangi telah menjadi bagian penting dari perkembangan wisata Banyuwangi," papar Bupati Anas.

Agenda wisata Banyuwangi yang terangkum dalam Banyuwangi Festival sendiri didominasi oleh atraksi seni budaya daerah. Pemkab melibatkan seniman dan budayawan serta pegiat seni lainnya untuk menampilkan berbagai atraksi yang mampu memikat para wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi.

Bupati Anas melantik Dewan Kesenian Blambangan Periode 2018-2023Bupati Anas melantik Dewan Kesenian Blambangan Periode 2018-2023

Tidak hanya berperan bagi perkembangan sektor pariwisata, menurut Anas salah satu peran penting seni dan budaya derah dalam pembangunan Banyuwangi adalah kemampuannya mempersatukan dan merangkul segenap elemen yang ada di daerah. Sehingga proses pembangunan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.

Baca juga:
Kakanwil Heni Yuwono Lantik 23 Pejabat Kemenkumham Jatim, Ini Pesannya

"Sebagus apapun perencanaan pembangunan dan program prioritas yang ditetapkan, namun kalau elemen masyarakatnya tidak bersatu dan mendukung maka tidak bisa berjalan dengan baik. Banyuwangi beruntung memiliki akar seni dan budaya yang kuat yang mampu menjadi pemersatu dan merangkul berbagai pihak sehingga kondusivitas daerah terjaga dan pembangunan berjalan sesuai harapan," terang Bupati Anas.

"Semoga ke depan peran ini akan terus terjaga melalui seniman dan budayawan di dalam wadah DKB yang baru dilantik ini," tambah Bupati Anas.

Sementara Ketua DKB Hasan Basri menambahkan, seniman dan budayawan daerah siap untuk terus memajukan kesenian dan budaya lokal dan mendukung pembangunan daerah. Apalagi selama ini seni dan budaya mendapatkan tempat yang istimewa dalam pembangunan daerah.

"Kami bangga karena seni dan budaya telah menjadi identitas pembangunan Banyuwangi. Seni dan dan budaya juga mendapatkan posisi yang istimewa, karena menjadi salah satu program yang diprioritaskan dalam pembangunan daerah," ujar Hasan.

Baca juga:
Adhy Karyono Resmi jadi Pj Gubernur Jatim, Tito: Saya Percaya Anda

Menurutnya, pemerintah daerah selama ini telah memberikan ruang yang sangat luas bagi seniman dan budayawan daerah untuk berkreasi dan berinovasi. DKB pun akan terus berupaya membuat kesenian dan kebudayaan terus eksis dan berkembang.

"Tugas kami untuk membuat seni dan budaya derah semakin maju dan berkembang. Kami akan terus berkonsolidasi dengan segenap stakeholder untuk mewujudkan hal tersebut," pungkasnya.

 

Reporter: Rony Subhan