Pilkada Ponorogo 2020

Bertemu Peternak Kambing Peranakan Etawa, Ini Kata Sugiri

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Calon Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko bertemu peternak kambing peranakan etawa

jatimnow.com - Calon Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko mengunjungi peternak kambing peranakan etawa di Kecamatan Jenangan, Minggu (18/10/2020). Sugiri menyerap aspirasi dan keluhan peternak kambing di sana.

Sugiri menjelaskan dulunya banyak kontes kambing peranakan etawa. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini sudah jarang bahkan sama sekali tidak ada. Padahal kambing peranakan etawa memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan kambing pada umumnya.

"Saya mendapat curhatan dari beberapa peternak kambing etawa. Dulu banyak kontes sehingga terus tumbuh," terang Sugiri Sancoko.

Menurutunya ada value lebih dari kambing peranakan etawa. Sehingga bukan hanya harga kambingnya saja.

Selain daging kambing, kata dia, harga kambing jenis etawa memiliki potensi lebih karena susunya. Sebab ada banyak manfaat yang dihasilkan dari perahan susu kambing etawa bagi kesehatan tubuh. Kotoran kambing juga dapat digunakan sebagai pupuk kandang pengganti pupuk kimia.

"Bahkan kambing yang telah ikut kontes dan menang, bisa mengangkat harga kambing tersebut," ujar Giri.

Nantinya jika dikembangkan, pada peternakan kambing etawa diharapkan akan muncul ekonomi-ekonomi kreatif.

"Jika saya terpilih menjadi bupati, pemerintah harus bisa mengisi ruang-ruang ekonomi kerakyatan seperti halnya peternak kambing peranakan etawa," tambah dia.

"Yang jelas kita taruh hati dulu pada mereka, lalu kita kembangkan progam, bagaimana pasarnya, bagaimana memberikan stimulan permodalannya," pungkas Sugiri.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter