Mengintip Rapat Kerja Perdana ABPEDNAS Gresik

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Rapat kerja perdana ABPEDNAS Gresik

jatimnow.com - Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Kabupaten Gresik menggelar rapat kerja (raker) perdana dengan tema 'Meningkatkan Harkat dan Martabat BPD Menuju Desa Sejahtera', Minggu (18/10/2020).

Ketua ABPEDNAS Kabupaten Gresik, HR Hendry mengatakan, pihaknya telah menyiapkan program kerja untuk jangkah pendek, menengah dan jangka panjang.

"Untuk program jangka pendeknya, wewenang dan fungsi pengurus akan digalakkan di desa untuk bersinergi dengan pemerintahan desa (pemdes)," terang Hendry.

Hendry menjelaskan bahwa ABPEDNAS Kabupaten Gresik yang mengusung motto 'Menata Kota Membangun Desa untuk Kota Santri Tercinta' itu telah memiliki 53 orang pengurus dengan rincian 7 pengurus harian, 28 pengurus bidang dan 18 koordinator kecamatan.

"Semua pengurus sudah terbagi tugas dan fungsinya. Dan kegiatan raker yang kami laksanakan hari ini telah mendapat apresiasi dari pusat. Kebetulan hari ini juga ada kegiatan raker nasional yang dilaksanakan secara daring melalui zoom," tambah Hendry.

Hendry berharap ABPEDNAS Kabupaten Gresik menjadi organisasi terencana, terukur dan terstruktur. Saat ini pihaknya juga tengah mempersiapkan rekomendasi kepada Pemkab Gresik agar para pengusaha lokal bisa berkontribusi dalam pembangunan desa.

"Sesuai dengan Premendes No. 13 Tahun 2020 tentang regulasi pengusaha desa untuk ikut membangkitkan potensi di desanya," ujar Hendry.

Sementara Sekjen ABPEDNAS Kabupaten Gresik, M. Subhan menambahkan bila saat ini sudah ada tiga komisi hasil raker perdana hari ini. Komisi satu bertugas menyusun program kerja, komisi dua menyusun garis besar organisasi dan komisi tiga menyusun rekomendasi dan administrasi.

"Semoga komisi yang telah terbentuk bisa bekerja sesuai dengan yang direncanakan," harapnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Gresik, Malahatul Fardah memberikan apresiasi pelaksanaan raker perdana ABPEDNAS Kabupaten Gresik tersebut.

"Raker ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan di Gedung DPRD Gresik tanggal 29 Agustus lalu. Sedang untuk Jatim ada 14 ABPEDNAS. Dan Gresik adalah kabupaten kedua setelah Kediri yang telah menggelar raker perdana setelah dilantik," paparnya.

Raker ini juga dihadiri Ketua Umum DPD ABPEDNAS Provinsi Jatim Agus Budi, Sekjen DPD ABPEDNAS Jatim Dwi Rahayu Ningsi, Bidang SDM dan Litbang DPD ABPEDNAS Jatim, Utomo.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter