Viral Video Warga Bawa Jenazah Seberangi Sungai Disebut di Ponorogo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Tangkapan layar video warga memakamkan melewati sungai yang viral

jatimnow.com - Sebuah video yang memperlihatkan warga menggotong keranda jenazah dengan melewati sungai untuk menuju ke makam menjadi viral di Facebook.

Dalam video dari Info Cegatan Wilayah Ponorogo (ICWP) dengan durasi 1 menit 50 detik itu, terlihat warga bergotong royong menggotong keranda menuju ke pemakaman. 

"Ngene iki pemerintah ora enek sing duwe cita-cita gawekne jembatan to? Lokasi Kadipaten, Babadan. (Seperti ini pemerintah tidak ada yang punya cita-cita membuatkan jembatan? Lokasi Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Babadan," tulis akun @Wahyu RastaUadus.

Video itu disukai oleh 4.207 netizen dengan 1.291 komentar dalam 21 jam.

Akun @Parman Vima menulis jika pemerintah daerah harusnya memperhatikan kondisi itu.

"Bukan pusat lagi karena bantuan dari pusat turun ke daerah-daerah," tulisnya,

"Ya Allah lewat dalam liyane ra enek to luur. Apakah itu jalan satu-satunya menuju Makam? (Ya Allah lewat jalan lainnya apa tidak asa. Apakah jalan satu-satunya menuju Makam," tambah akun @Ghizoel Ayu.

Salah satu perangkat Kelurahan Kadipaten, Wasis Nur Hidayat membenarkan video yang beredar itu berasal dari wilayahnya.

"Ya itu kemarin sore memang," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (21/10/2020).

Ia menerangkan, makam yang dituju oleh warga yang ada di video adalah pemakaman kuno bernama Makam Gedong yang berada di Dusun Munggungan, Kelurahan Kadipaten, Kabupaten Ponorogo.

"Karena letaknya di pelosok, kalau sejarah tak tau pemakaman kuno sejak mbah-mbah. Bahkan saudara saya ada yang mbah yang keberapa juga di situ. Sejak kecil kelas dua SD sudah ada, akses jalannya seperti itu," ujar dia.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter