Wapres Ma'ruf Amin Minta Muslimat NU Kembangkan UMKM di Masa Pandemi

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Galih Rakasiwi

Wapres Ma'ruf Amin di kegiatan Muslimat NU

jatimnow.com - Pemerintah membutuhkan mitra strategis bersama organisasi perempuan untuk mengiringi program-program pemerintahan agar berjalan maksimal. Salah satunya Muslimat Nahdlatul Ulama (NU).

Itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma'ruf Amin mengatakan pemerintah memberikan beberapa fasilitas agar bisa dimanfaatkan oleh kaum perempuan dengan maksimal, misal dalam usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

"Pesan saya untuk mengembangkan usaha syariah, Muslimat harus memanfaatkan perangkat yang telah ada untuk meningkatkan UMKM. UMKM adalah mitra strategis. Sejalan dengan upaya pemerintah meningkatkan UMKM, pemerintah juga membuat dukungan lebih besar untuk perkembangan ke depan," ujar Ma’ruf dalam sambutan secara online, Kamis (29/10/2020).

Saat ini, Muslimat telah banyak melakukan gerakan kepedulian sosial di tengah masyarakat, termasuk ketika pandemi Covid-19. Untuk itu, Muslimat terus didorong menguatkan lembaga dan jejaringnya di tengah pandemi.

"Saya berharap Muslimat berkontribusi. Kami juga berpesan agar Muslimat dapat berperan aktif menangkal radikalisme. Ia mengajak para tokoh Muslimat untuk menyampaikan pesan yang menyejukan kepada masyarakat. Para ustazah perlu menyampaikan pesan menyejukan ke masyarakat membangitkan semangat," ujarnya.

Ketua PBNU, Said Aqiel Siradj berkeinginan Muslimat lebih transparan dan open manajemen dalam mengembangkan organisasi. Seperti PBNU sudah mulai audit oleh eksternal auditor.

"Itu sebagai bentuk tanggungjawab yang diamanatkan kepada pengurus. Uang keluar masuk tercatat dengan rapi. Barangkali baru kali ini, semuanya tercatat dengan rapi dan bisa dipertanggung jawabkan dunia dan akhirat. Tapi memang berat, catatlah dengan benar, walaupun berat," pesan Aqiel.

Ketua Umum PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa mengatakan acara itu sebenarnya sudah dijadwalkan awal tahun namun tertunda akibat Covid-19. Beberapa isu akan dibahas secara serius.

"Sekarang ini sudah sampai pada acara puncak, dari pembahasan dan diskusi secara virtual, apakah yang terkait dengan layanan pendidikan, kesehatan, sosial, karena di NU ini yang punya panti asuhan Muslimat,” tutur Khofifah.

Bahkan Muslimat memiliki 143 panti asuhan. Lalu sejumlah rumah sakit dan klinik, termasuk di dalamnya klinik hemodialisis. Muslimat juga memiliki induk koperasi.

"Jadi di Indonesia empat organisasi perempuan yang punya induk koperasi, salah satunya Muslimat NU," pungkasnya.

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter