jatimnow.com

Pilkada Gresik 2020

Siapkan Generasi Tangguh, Qosim-Alif Luncurkan Kartu Pemuda Bangkit

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Peluncuran kartu Pemuda Bangkit di Gresik 🔍
Peluncuran kartu Pemuda Bangkit di Gresik

jatimnow.com - Pasangan Qosim-Alif akan memprioritaskan program pemberdayaan bagi kaum milenial di Kabupaten Gresik dengan meluncurkan kartu Pemuda Bangkit di Graha Gus Dur, Kantor DPC PKB Gresik, Sabtu (14/11/2020).

"Pemuda hari ini adalah calon pemimpin masa depan. Karena itu kartu pemuda bangkit ini akan kami distribusikan kepada semua kelompok pemuda di Kabupaten Gresik," kata Qosim.

Ia melanjutkan, tugas pemimpin adalah menyiapkan generasi penerus yang tangguh menghadapi tantangan zaman.

"Jangan sampai pemuda kita lemah, kurang kreatifitas, tidak produktif. Karena itu Qosim-Alif memprioritaskan pengembangan potensi pemuda dengan berbagai program yang luar biasa," lanjutnya.

Loading...

Adapun fungsi dari kartu pemuda bangkit yang diluncurkan Pasangan Qosim-Alif ini memiliki beberapa manfaat bagi pemegangnya, diantaranya adalah mendapatkan pendampingan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang membidangi.

"Yaitu Dispendik, Disparbud, Dispora. Ketiganya akan terlibat dalam pengembangan potensi dan kapasitas pemuda kita," paparnya.

Selain itu, pemegang kartu pemuda bangkit akan memiliki akses untuk mendapatkan pelatihan vokasi, sertifikasi profesi serta akan diprioritaskan mendapatkan dana hibah daerah kelompok pemuda produktif.

"Itu semua demi mempersiapkan anak muda Kabupaten Gresik semakin cakap, punya keterampilan, kreatif dan punya jiwa entrepreneurship yang kuat," tandas Pak Qosim.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Gresik, kelompok usia muda (20-40 tahun) yang teregister pada 2019 cukup besar jumlahnya.

Rinciannya penduduk berusia 20-24 tahun terdapat sekitar 98.612 jiwa, usia 25-29 berjumlah 93.645, usia 30-34 terdapat 92.492, kemudian usia 35-39 terdapat 108.911 penduduk, lalu kelompok usia 40-44 sebanyak 106.001 jiwa.

Bila ditotal, kelompok muda usia produktif di Gresik jumlahnya cukup besar, yaitu mencapai 499.661.

Tak heran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gresik nomor urut satu menaruh perhatian yang besar untuk mengembangkan potensi pemuda.