Ratusan Bonek Tanam Pohon Bakau di Pantai Permata Probolinggo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Penanaman bibit bakau oleh bonek

jatimnow.com - Ratusan bonek melakukan penanaman bibit bakau di bibir pantai Permata Pilang Kota Probolinggo, Minggu (15/11/2020).

Salah satu koordinator Bonek Probolinggo, Mangun mengatakan kegiatan yang dilakukan itu sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan alam dengan menjaga ekosistem laut.

"Bonek hadir tidak hanya saat ada pertandingan sepakbola saja. Namun juga anggota peduli terhadap lingkungan. Selain menanam bakau kami juga berikan makser kepada masyarakat," katanya.

Kegiatan yang dikemas dalam jambore Bonek Probolinggo itu diikuti 7 komunitas.

"Jumlah dari perwakilan mereka sebanyak 150 orang. Sebab saat ini masih masa pandemi. Kalau jumlah Bonek sebenarnya jumlahnya mencapai kurang lebih sekitar 500 anggota Bonek," jelasnya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat menghapus citra yang selama ini dinilai melakukan kegiatan hura-hura dan kerap kali membuat onar.

"Sebenarnya Bonek juga bisa diajak dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dan kegiatan pelestarian lingkungan. Setiap kegiatan bonek kami tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pemakaian masker di tengah pandemi Covid-19," lanjut dia.

Sekretaris Tim Kerja Pengelola Pantai Permata Pilang (TKP4) Kota Probolinggo, Sulastri mengatakan pihaknya senang dengan kepedulian yang dilakukan oleh komunitas Bonek.

"Mereka melakukan penanaman bibit pohon bakau di bibir pantai permata sehingga alam di sekitar pantai ini tetap terjaga," ujarnya.

Disebutkannya, tahun 2010 lalu sebagian kawasan dengan luas 30 hektare Pantai Permata Pilang mengalami kerusakan akibat letusan Gunung Bromo yang disebabkan banjir lahar dingin.

"Sejak tahun 2012, kami bersama dengan masyarakat berupaya melakukan pelestarian kembali salah satu dengan penanaman bakau dan pohon cemara. Alhamdulillah kondisi wisata pantai Pilang mulai kembali pulih dan bisa dinikmati masyarakat untuk berwisata," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter