Tingkatkan Kemampuan Tim Rescue, DPK Kota Batu Gandeng TNI AU

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Galih Rakasiwi

Tingkatkan kemampuan Tim Rescue, DPK Kota Batu gandeng TNI AU

jatimnow.com - Untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggotanya, Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu menggandeng Paskhas TNI AU Abdulrachman Saleh Malang, Selasa (24/11/2020).

Kepala DPK Kota Batu, Himpun mengatakan, pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan keterampilan petugas pemadam kebakaran agar bisa lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Dalam sinergitas itu diharapkan kedua belah pihak dapat berbagi ilmu dalam penyelamatan korban kecelakaan atau bencana.

"Terlebih untuk petugas rescue, sehingga ketika ada kejadian mereka sudah terlatih dan mampu menyelamatkan korban, harta benda sekaligus bisa mengevakuasi korban dan memberikan pertolongan pertama," jelas Himpun.

Menurutnya, setiap menjalankan tugas, risiko besar selalu mengancam. Harapannya dengan adanya pelatihan teori dan praktik ini, bisa menjadi bekal mereka bagaimana menyelamatkan orang lain serta dirinya sendiri.

Tingkatkan kemampuan Tim Rescue, DPK Kota Batu gandeng TNI AUTingkatkan kemampuan Tim Rescue, DPK Kota Batu gandeng TNI AU

"Bukan hanya petugas kami saja yang mendapatkan pengarahan, tetapi karyawan di Jatim Park II juga mendapatkan materi bagaimana cara menolong orang ketika terjadi bencana," paparnya.

Pemateri Best Rescue Lanud Abdulrachman Saleh Malang, Peltu Didik Purwanto mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan sinergitas antara pihaknya dengan DPK Kota Batu.

"Materi dan praktik yang disampaikan selain pertolongan pada korban, materi lainnya yaitu bagaimana upaya pertolongan ketika terjadi kecelakaan pesawat," jelas Didik.

Didik menambahkan bahwa DPK Kota Batu sangat membutuhkan materi tersebut. Ini dikarenakan mereka merupakan pihak yang akan memberikan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan pesawat di luar bandara. Sebab bencana tidak ada yang bisa memprediksi.

"Penanggulangan keadaan darurat di khususkan pada kecelakaan pesawat, yang ada di luar bandara baik dari sisi cara penaganannya hingga dari sisi medikalnya. Itu harus dipahami dan sangat penting," tambahnya.

Karena petugas penanggulangan bencana harus selalu meningkatkan ilmunya agar selalu bisa meningkatkan kompetensinya sehingga pelayanan kita bisa maksimal pada masyarakat.

Dalam kegiatan nampak beberapa petugas Best Rescue ikut mempraktekkan cara mengangkat korban ke atas tandu hingga mendapatkan pertolongan pertama dari pihak kesehatan.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter