Tak Kantongi IMB, 50 Pengusaha di Kota Batu Terancam Denda Rp 50 Juta

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Galih Rakasiwi

jatimnow.com - Kepala Satpol PP Kota Batu, M. Nur Adhim menyebut ada 50 pengusaha yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Menurutnya, kelima puluh pengusaha itu terdiri dari pemilik perumahan, rumah makan. Bahkan beberapa tempat telah dilakukan penyegelan.

Puluhan pengusaha itu bakal menjalani sidang tindak pidana ringan (Tipiring) pertengahan bulan Desember 2020 dan terancam denda maksimal Rp 50 juta.

"Maksimal denda Rp 50 juta, sanksi terberat yaitu pembongkaran bangunan sesuai peraturan daerah (Perda). Untuk saat ini bangunan tersebut sudah diwajibkan tutup atau menghentikan aktivitas," tegasnya, Jumat (4/12/2020).

Ia mencontohkan, untuk penyegelan dan menghentikan aktivitas pembangunan hingga pemilik melengkapi izin contohnya adalah pembangunan Perumahan Cordoba di Desa Beji dan Villa Tlogorejo di Desa Bumiaji.

Selain menertibkan bangunan, diharapkan tindakan itu dapat memberikan sumbangsih meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor retribusi IMB dan pajak usaha.

"Ada dua kategori pelanggaran, pertama bangunan lama yang sudah berizin tapi melakukan penambahan pembangunan, idealnya ya harus memperbahari IMB. Kedua, bangunan baru yang memang tidak memiliki dari awal," ujar dia.

"Selain rekomendasi dari Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSPTK), kami juga membentuk tim di lapangan untuk mengetahui mana saja bangunan yang tak melengkapi izin tersebut," imbuhnya sambil menyarankan agar para pengusaha diminta mengetahui dahulu status tanah yang akan dibeli supaya tidak bermasalah dikemudian hari.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter