jatimnow.com
Catatan Kejahatan dan Ungkap Kasus di Kota Probolinggo Tahun 2020

Anev ungkap kasus Polres Probolinggo Kota sepanjang Tahun 2020

jatimnow.com - Kriminalitas di wilayah hukum Polres Probolinggo Kota mengalami peningkatan di Tahun 2020. Tercatat ada kenaikan 10 kasus, didominasi kejahatan jalanan.

Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Raden Muhamad Jauhari mengatakan, pada Tahun 2019 tercatat 480 kejadian, sedangkan Tahun 2020 290 kasus.

"Sehingga terhitung kenaikan jumlah kriminalitas dua persen di tahun ini," ujar Jauhari, Selasa (29/12/2020).

Sedangkan tingkat penyelesaian dan pengungkapan kasus pada Tahun 2020 bertambah 44 kasus dari 403 kasus di Tahun 2019.

"Total penyelesaian kasus di Tahun 2020 tercatat 447 kasus dengan perhitungan kenaikan sebesar 11 persen," ungkapnya.

Menurutnya, yang paling menonjol terhitung sejak Februari-Maret 2020 hingga akhir tahun ini, mulai dari pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian dengan kekerasan (curas).

"Rata-rata pelaku melakukan perampasan motor dan handphone dengan menggunakan senjata tajam," ujarnya.

Anev ungkap kasus Polres Probolinggo Kota sepanjang Tahun 2020Anev ungkap kasus Polres Probolinggo Kota sepanjang Tahun 2020

Selain itu, banyak kasus narkoba dan penyalahgunaan obat terlarang hingga peredaran minuman keras (miras) yang diungkap.

"Sebagian besar BB (barang bukti) sudah dimusnahkan menjelang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 kemarin bersama dengan forkopimda," ungkap Jauhari.

Alumni AKPOL Tahun 2002 ini menambahkan, sejumlah kasus menonjol yang menjadi perhatian publik seperti pelemparan molotov di pos satpam Pengadilan Negeri Kota Probolinggo hingga pembunuhan berhasil diungkap.

"Namun untuk tingkat kejadian laka sepanjang tahun ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya," tambahnya.

Jauhari menyebut, untuk menekan tindak kriminalitas di wilayah hukumnya, pihaknya sudah membentuk Tim Meteor sebagai tim khusus pemburu pelaku kejahatan. Juga dibentuk Tim Hunter Pelanggar Covid-19.

Loading...

"Kami juga bersinergi dengan forkopimda, termasuk dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam membangun dan melestarikan Kampung Tangguh Semeru di setiap kelurahan dan desa," tandasnya.

 

Berita Terkait