BPOM Temukan 3 Jenis Makanan Takjil Mengandung Borax di Surabaya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Petugas BPPOM sednag menguji sample makanan dari pasar Pucang Surabaya

jatimnow.com - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) temukan 3 jenis makanan berbuka puasa yang mengandung bahan berbahaya Rhodamin-B dan Borax di Pasar Pucang, Surabaya, Rabu (30/5/2018).

Kabid Pengujian Mikrobiologi BPOM Surabaya, Puryani menjelaskan, dalam sidak yang digelar bersama Disperindag, Pertahanan Pangan dan Dinkes Surabaya itu, awalnya mengambil 20 sampling makanan. Namun setelah dicek, tiga diantaranya mengandung bahan berbahaya bagi tubuh.

"Dua makanan yang berupa kue mangkok dan kolang-kaling berwarna merah setelah kami uji lab positif mengandung Rhodamin, dan kerupuk puli jug positif mengandung borak," jelas Puryani saat menggelar sidak di Pasar Tradisional Pucang, Rabu (30/5/2018) petang.

Puryani mengatakan, hasil dari pengambilan sample sebagai langkah pengawasan makanan dan minuman khususnya menu buka puasa.

"Dari keseluruhan, sample tadi langsung kita cek di laboratorium berjalan kami. Dari situ langsung bisa diketahui hasil dan langsung dilakukan penindakan, namun penindakan itu kami melibatkan tiga instansi lainnya," kata Puryani.

Ia juga menyarankan agar masyarakat tidak memilih makanan yang berwana mencolok, melainkan memilih warna yang natural. Contohnya, merah kolang-kaling jangan memilih warna yang sangat merah.

"Uji sampling yang kami lakukan di tempat yang belum teridentifikasi dan kami memilih pedagang yang telah menetap disana," katanya.

Dalam sidak itu, BPOM tidak akan berhenti sidak ke pasar swalayan maupun pasar tradisional di beberapa kabupaten kota se Jatim.

Reporter: fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto



Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter