Rakusnya Dua Pencuri Uang Kotak Amal di Musala ini

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Galih Rakasiwi

Tangkapan layar video CCTV yang merekam aksi dua pencuri uang kotak amal musala

jatimnow.com - Dua pria terekam CCTV saat mencuri kotak amal toilet Musala Al Huda, Dusun Gondang, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kabupaten Malang, Selasa (5/1/2020).

Warga sekitar, Khamim Tohari mengatakan, aksi pencurian tersebut terjadi sekitar pukul 03.15 Wib, Senin (4/1/2021). Dari video rekaman CCTV tampak keduanya mondar-mandir diduga memantau keadaan sekitar.

"Peristiwanya dinihari dalam kondisi sepi, jadi tidak ada warga yang mengetahui. Dalam rekaman rumah saya mulai jam 12 malam pelaku sudah berkeliling untuk melihat situasi dan kondisi lingkungan untuk menunggu aman," ungkap Khamim, Selasa (5/1/2021).

Dalam video rekaman CCTV juga terlihat bahwa keduanya lalu mencoba mencuri kotak amal. Namun karena uang yang ada dalam kotak sudah diambil takmir dan tidak ada isinya, keduanya langsung mengarah pada kotak amal di toilet musala dan berhasil menggasaknya.

"Jadi tidak jadi mengambil kotak amal yang ada di mushola karena para pelaku sudah merogoh-rogohnya tidak ada isinya. Akhirnya mengambil uang di kotak sumbangan toilet umum di dekat rumah saya," tutur dia.

Uang di dalam kotak amal itu diperkirakan sebanyak Rp 2 juta. Sebab setiap Minggu bisa terkumpul Rp 200 ribu dalam kotak tersebut.

"Usai melihat rekaman warga langsung melaporkan pencurian ini pada Polsek Bumiaji dan menunjukkan rekaman CCTV. Agar tidak terulang warga bakal menggiatkan ronda tiap malam. Sebab sudah empat bulan ini tidak ada kegiatan ronda," tambahnya.

CCTV yang ada di lingkungannya diakui sangat membantu karena bisa menunjukkan beberapa ciri-ciri pelaku yaitu mengendarai motor Vario bernomor N 4657 AAN. Di lingkungan itu aksi pencurian juga pernah terjadi dengan kerugian mobil pikap.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter