Banjir Kalsel Trending Topic

Editor: Redaksi / Reporter: Budi Sugiharto

jatimnow.com - Banjir besar di Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat perhatian dari netizen. Bahkan tagar #PrayForKalsel menjadi trending topic di Twitter sejak Kamis (14/1/2021) pagi.

Pantauan pada pukul 08.53 wib, tagar tersebut menduduki peringkat teratas di Tanah Air dengan 6.575 tweets. Sejumlah video banjir yang merendam permukiman juga dibagikan netizen.

Diantaranya dibagikan Bx melalui akun @markeuroxx. "All my moots, Please pray for my area and the area around where I live because it is inundated by floods:( mohon doanya ya semoga lekas surut:( #PrayForKalsel," tulisnya. Dan masih banyak visual lain yang dibagikan netizen.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel Mujiyat mengatakan, Rabu (13/1/2021), kondisi terparah masih terjadi di dua kabupaten yaitu Banjar dan Tanah Laut.

"Sejak tadi malam hingga sepanjang siang hari ini hujan masih mengguyur dengan intensitas cukup tinggi, sehingga debit air tak menyurut bahkan terus meninggi," kata dia di Martapura seperti dilansir Republika.co.id.

Ribuan rumah di 10 kecamatan terdampak banjir di Kabupaten Banjar kini terendam dengan ketinggian air bervariasi. Dimana Kecamatan Pengaron, salah satu yang terparah ketinggian airnya mencapai dua hingga tiga meter.

Mujiyat mengungkapkan seluruh tim SAR gabungan kini bahu membahu melakukan proses evakuasi warga. Dimana anak-anak, wanita dan lanjut usia jadi prioritas diselamatkan.

"Kami ingatkan masyarakat agar mau dievakuasi karena kondisi banjir saat ini belum ada tanda-tanda surut lantaran hujan yang terus terjadi," tegasnya.

Belum ada laporan korban jiwa dari bencana banjir yang terjadi. Untuk itulah, pentingnya kesigapan petugas melakukan evakuasi dengan cepat.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter