Menikmati Keindahan Alam Lembah Dieng di Gempol, Pasuruan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Pemandangan alam di Lembah Dieng, Gempol, Pasuruan

jatimnow.com - Keindahan Lembah Dieng di Dusun Dieng, Desa Jeruk Purut, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan beberapa pekan terakhir ini viral di media sosial.

Para pengunjung silih berganti datang untuk berswafoto ataupun mengabadikan momen indahnya melalui video di spot wisata dadakan tersebut. Salah satu akun Facebook yang memposting keindahan alam Lembah Dieng yaitu Ndagel Crew.

"The next feeling guud. Lokasi surga tersembunyi lembah dieng. Lembah diyeng Dusun Diyeng, Desa Jeruk Purut, Gempol Pasuruan, di maps sampun wonten (sudah ada)," tulis Ndagel Crew seperti dilihat jatimnow.com, Kamis (14/1/2021).

Postingan akun Ndagel Crew ini mendapat like 557, komentar 53 dan dibagikan 47 kali.

Selain itu, akun facebokk Ratio Build juga memposting video di grup Facebok Sidoarjo Jalan Jalan (SJJ).

"Lembah Dieng Gempol Pasuruan Jatim," tulis akun ini.

Saat reporter jatimnow.com ke Lembah Dieng, lokasi wisata ini bisa dibilang terpencil. Namun akses jalan menuju ke sana cukup mudah dengan jalur yang landai, tidak berkelok-kelok. Para pengunjung bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk menuju Lembah Dieng.

Pengunjung menikmati pemandangan alam di Lembah Dieng, Gempol, PasuruanPengunjung menikmati pemandangan alam di Lembah Dieng, Gempol, Pasuruan

Sekretaris Desa Jeruk Purut, Sugeng Riyadin, Lembah Dieng ini ramai dikunjungi para pemburu foto sejak dua bulan terakhir.

"Lembah Dieng ini mulai viral sekitar dua bulan yang lalu. Namun sebenarnya, sejak awal musim kemarau itu sudah ada orang yang mengunjungi lokasi ini, tapi ya pemandangan saat itu tidak seindah dan hijau seperti dua bulan ini," jelas Sugeng.

Menurut Sugeng, saat hari biasa seperti hari Senin sampai Jumat, para pengunjung yang datang masih berjumlah puluhan. Namun saat hari Sabtu dan Minggu, pengunjung bisa mencapai ratusan.

"Paling ramai itu hari Sabtu sampai Minggu. Pengunjung sampai ratusan. Kalau hari biasa seperti Kamis ini, jumlahnya puluhan lah," ungkapnya.

Terkait penamaan Lembah Dieng, itu adalah hasil dari kesepakatan para pemuda Dusun Dieng. Karena pemandangan alam bekas tambang galian c tersebut menyerupai lembah.

"Pemberian nama Lembah Dieng ini dari masyarakat setempat sendiri. Ini kan bekas tambang galian c, cekungan hasil dari aktivitas pertambangan itu membuatnya jadi seperti lembah," tandasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter