Minuman Empon-empon Jadi Trend, Penjualan Gula Merah di PIOS Meningkat

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Gula merah tersedia di PIOS

jatimnow.com - Penjualan gula merah atau gula Jawa di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) mengalami peningkatan di tengah Pandemi Covid-19 atau sejak pertengahan Maret 2020 lalu.

Salah satu pedagang gula merah di PIOS, Maksum mengatakan salah satu pemicu meningkatnya penjualan dikarenakan tingginya minat masyarakat mengkonsumsi minuman tradisional berbahan empon-empon.

"Sejak ada Virus Corona, minuman tradisional dari empon-empon jadi trend. Dan minuman empon-empon biasanya menggunakan pemanis gula Jawa," kata Maksum, Sabtu (16/1/2021).

Banyaknya masyarakat yang mengkonsumsi minuman tradisional itulah membuat penjualan gula Jawa di lapaknya mengalami peningkatan.

"Karena banyak yang membutuhkan akhirnya penjualan gula Jawa kami meningkat," jelasnya.

Pedagang asal Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik itu membeberkan sebelum Pandemi Covid-19, untuk penjualan gula Jawa di lapaknya rata-rata per hari bisa menjual sekitar 150 kilogram.

Namun sejak Pandemi Corona terjadi, tidak jarang penjualannya mencapai 200 kilogram gula merah per hari.

Untuk harga gula Jawa saat ini di PIOS, yang berukuran besar sekitar Rp 15 ribu per kilogram. Sedang untuk gula Jawa dengan ukuran yang lebih kecil dibanderol Rp 17 ribu per kilogram.

"Selain kemasan 1 kilogram kami juga menyediakan kemasan yang 5 kilogram dan 10 kilogram," ujarnya.

Maksum menambahkan jika stok gula Jawa yang tersedia di lapaknya tersebut merupakan gula Jawa yang diproduksi dari Kabupaten Lumajang.

"Pengirimannya biasanya seminggu sekali," pungkasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter