Peringatan 1 Juni, Pemkot Blitar Gelar Tradisi Gerebek Pancasila

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Pawai gerebek Pancasila di Blitar

jatimnow.com - Memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2018, Pemkot Blitar menggelar tradisi Grebek Pancasila.

Kegiatan ini diawali dengan upacara di Alun-alun Kota Blitar yang kemudian dilanjutkan dengan iring-iringan Garuda Pancasila.

Selain Garuda Pancasila, tampak lima gunungan hasil bumi sebagai perwujudan lima sila yang dikawal oleh pasukan. Grebek Pancasila tersebut juga diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di jajaran Pemkot Blitar.

"Tadi sore sudah diawali ritual Bedol Pusaka dari rumah Dinas Walikota ke Kantor Walikota Blitar. Karena bertepatan dengan bulan Puasa, makanya kita lakukan selepas shalat Tarawih," terang Wakil Walikota Blitar Santoso, usai mengikuti Upacara, Kamis (31/05/2018).

Selain Garuda dan Gunungan Limo, acara Grebek Pancasila juga dimeriahkan dengan pawai lampion bertemakan Pancasila. Acara akan diakhiri dengan kenduri dan menikmati Gunungan Limo bersama dengan masyarakat di Kompleks Makam Bung Karno (MBK).

Menurut Santoso, Grebek Pancasila dimaknai sebagai salah satu rasa syukur atas peran serta dan prestasi masyarakat. Mulai dari seniman hingga para pelajar.

"Kenduri ini juga sebagai bentuk rasa syukur karena Kota Blitar diberikan Aman, Sejahtera, Damai. Semoga ini juga berimbas pada masyarakat Indonesia pada umumnya," imbuh Santoso.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter