EWS Berbunyi 17 Kali, BPBD Bakal Evakuasi 15 KK Dusun Brau Kota Batu

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Galih Rakasiwi

jatimnow.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu akan mengevakuasi 15 kepala keluarga (KK) di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji agar tidak menjadi korban bencana tanah longsor.

Rencana itu dilakukan karena alarm pendeteksi longsor yaitu Early Warning System (EWS) di daerah tersebut terus berbunyi sejak Senin (1/2) hingga 17 kali.

Kepala BPBD Kota Batu, Agung Sedayu mengatakan warga penghuni bakal dievakuasi dari tempat tersebut ke tempat yang lebih aman. Ia tak ingin bila sampai bencana longsor sewaktu-waktu terjadi memakan korban jiwa.

"Namun untuk kapan dan bagaimana detailnya ini kita kaji dan pemetaan lokasi. Lalu melakukan survei lokasi untuk evakuasi warga yang terdampak. Himbauan kami warga selalu waspda terlebih ketika hujan deras yang memungkinakan terjadi longsor," kata Agung, Selasa (2/2/2021).

Menurutnya, saat ini petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri, tagana, dan masyarakat tengah mendirikan shelter pengungsian yang wilayahnya aman dan tak jauh dari rumah penduduk.

"Setelah pemetaan dan kajian, petugas juga sudah memasang terpal di sekitar area tebing yang rawan longsor," ujar dia.

Kepala Desa Gunungsari, Andi Susilo mengatakan bila kajian dan pemetaan di daerah tersebut sangat penting untuk meminimalisir resiko bencana. Pemdes pun bakal menjamin warganya yang akan dievakuasi di shelter.

"Selain itu perlu juga adanya mitigasi dan pengarahan kepada masyarakat sehingga mengerti langkah apa yang diambil bila sewaktu-waktu bencana melanda," terang Andi.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter