Pasar dan Rumah Warga di Sidoarjo Porak-poranda Disapu Puting Beliung

Sejumlah stand pasar di Desa Balong Dowo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo rusak disapu puting beliung

jatimnow.com - Puting beliung menyapu beberapa stand Pasar Balong Dowo dan pemukiman warga di Desa Balong Dowo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Akibatnya sejumlah bangunan porak-poranda.

Bencana itu terjadi sekitar pukul 17.50 Wib, Rabu (3/2/2021). Akibatnya, 9 toko atau kios, 3 ruko dan 25 rumah warga rusak.

Loading...

"Bencana alam puting beliung ini membuat 9 toko atau kios, 3 ruko pedagang Pasar Balong Dowo dan 25 rumah warga rusak," tegas Kapolsek Candi, Kompol Yulie Krisna saat dikonfirmasi Kamis (4/2/2020).

Sementara salah seorang saksi bernama Irwan, yang merupakan pedagang roti di depan komplek Pasar Balong Dowo menyebut bahwa kejadian tersebut berawalnya saat langit dalam kondisi mendung gelap.

Setelah itu tiba-tiba muncul angin puting beliung dari arah selatan, yang akhirnya menyapu beberapa ruko, kios dan rumah warga hingga mengakibatkan kerusakan, mulai rusak berat hingga ringan.

"Tidak ada korban jiwa dalam musibah puting beliung ini. Sebab pada sore menjelang malam kondisi pasar sudah sepi," tegasnya.

Yudi merinci, dari 25 rumah terdampak, 5 di antaranya mengalami kerusakan berat. Kerusakannya seperti ruangan dapur serta teras rumah habis disapu angin, tempat bengkel servis ambruk tertimpa pohon, kerusakan pada bagian atap rumah.

Selain itu ada tiga toko milik pedagang pasar mengalai rusak berat. Selebihnya mengalami rusak di bagian atap dan rusak ringan.

"Untuk rumah yang rusak berat ada lima unit. Untuk toko ya ada tiga," tandasnya.

 

Berita Terkait