Pemkab akan Bantu 39 Rumah Warga Pasuruan yang Terdampak Luapan Sungai

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Moch Rois

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan akan membangun dan membenahi kembali rumah milik warga di Dusun Genuk Watu, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol yang hilang atau rusak diterjang banjir akibat luapan Sungai Pulungan.

Sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya menjelaskan pemkab akan kerja cepat untuk langkah-langkah pembangunan dan pembenahan rumah terdampak banjir.

Baca juga:  

"Hari ini unsur Forkopimda dan relawan bersama melakukan bakti sosial pembersihan material banjir dan puing-puing bangunan. Selain itu, BPBD sejak kemarin sudah melakukan asasmen terhadap rumah-rumah yang terdampak," jelas Anang, Jumat (5/2/2021).

Dari data BPBD Kabupaten Pasuruan, 39 rumah terdampak yang di asesmen. Tercatat ada rumah 6 hilang tersapu banjir, sedangkan 33 rumah lainnya rusak dalam kategori berat dan sedang.

"Rumah yang di asesmen berjumlah 39. Enam rumah diantaranya hilang tersapu banjir, 33 rumah rusak sedang sampai berat," ungkapnya.

Anang menegaskan untuk rumah yang hilang akan diganti dengan bangunan permanen. Sama seperti sebelumnya.

"Untuk rumah yang hilang akan dibangunkan kembali dengan bangunan permanen," tegasnya.

Terkait berapa besaran batuan yang akan diberikan, Anang belum bisa berkomentar. Sebab, besaran bantuan mengacu dari hasil asesmen. Namun menurutnya, yang jelas setiap nilai bantuan akan disesuaikan kemampuan keuangan daerah.

"Sistemnya seperti bantuan rumah tidak layak huni (RTLH). Dana ganti ruginya akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing korban," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter