Tepergok Muazin, Pembobol Kotak Amal Musala Menyerah di Tangan Warga

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Pembobol kotak amal musala diamankan polisi

jatimnow.com - Pencuri uang kotak amal di Musala Al-Islah Dusun Tengaan, Desa Watuagung, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik ditangkap. Pelaku berinisial PS (44), asal Kecamatan Blimbing, Kabupaten Malang.

Kapolres Gresik, AKBP Arief Fitrianto menyebut bahwa pencurian itu dilakukan pelaku sekitar pukul 02.30 Wib, Senin (8/2/2021). Aksi pelaku diketahui oleh Marjuki (45), yang hendak mengumandangkan azan Subuh.

Saat Marjuki hendak masuk ke musala, dia melihat gelagat mencurigakan pelaku yang saat itu membawa tas ransel dan hendak meninggalkan musala.

Kecurigaan Marjuki terbukti saat mengetahui kotak amal di musala dalam keadaan terbuka dan uang di dalamnya telah kosong. Dia spontan berteriak maling hingga mengundang perhatian warga.

Sementara pelaku kabur dengan mengendarai motor Honda Supra W 2924 JJ ke arah selatan. Warga yang mendengar teriakan Marjuki lantas mengejar pelaku.

"Warga kemudian mengejar pelaku dan berhasil menangkapnya di Desa Karangrejo, Kecamatan Manyar. Karena panik dan ketakutan, pelaku kemudian terpeleset dan terjatuh dari motornya," ujar Arief, Selasa (9/2/2021).

Warga yang kesal sempat menghajar pelaku. Beruntung sejumlah polisi dari Polsek Bungah yang mendapat laporan langsung datang ke lokasi dan mengevakuasi pelaku dari amukan warga.

Di hadapan penyidik, pelaku mengakui telah mengambil uang dengan cara mencongkel gembok kotak amal musala itu menggunakan obeng yang telah disiapkan.

Adapun barang bukti yang disita berupa uang Rp 1.723.000 yang terdiri dari pecahan uang kertas dan koin, dua buah obeng, satu handphone merk Oppo serta motor pelaku.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter