jatimnow.com
SMS Dana Gaib Gentanyangan, Polisi Tingkatkan Patroli Siber

jatimnow.com - Polisi mengingatkan masyarakat hati-hati saat menerima SMS berisi beragam penawaran apalagi mencari rezeki secara instan. Patroli siber ditingkatkan.

SMS atau pesan singkat berisi penawaran dana gaib diduga berujung modus penipuan diterima redaksi pada Kamis (11/2/2021) malam.

Baca juga: 

Dalam SMS itu, si pengirim menawarkan upaya mencari rezeki dengan cara singkat.

Pesan itu berisi 'Melayani ritual dana goib tanpa tumbal, tanpa ada resiko dan dijamin 100 persen ampuh dan berhasil solusinya'.

Dalam pesan itu juga tertulis agar penerima SMS bisa menanyakan melalui WhatsApp di nomor yang diberikan, yaitu 0853** atau klik di bit.ly/danagoib**.

Kasatreskrim Polrestabes Surabaya, AKBP Oki Ahadian meminta agar masyarakat lebih berhati-hati karena penipuan bisa datang dari mana saja.

Apalagi, lanjutnya, saat ini Pandemi Covid-19 masih melanda. Di mana banyak pelaku yang memanfaatkan media sosial (medsos) untuk menjalankan aksi kejahatannya.

"Tentunya kita semua harus lebih berhati-hati. Apalagi terhadap orang yang tidak kita kenal," ujar Oki saat dihubungi jatimnow.com, Jumat (12/2/2021).

Alumni Akpol Tahun 2003 ini menyebut bakal menindaklanjuti kasus tersebut apabila ada korban yang melapor.

"Kami tentunya juga akan lakukan patroli siber, untuk mengantisipasi aksi kejahatan yang berhubungan dengan media sosial," jelasnya.

Loading...

Mantan Kasubdit Jatanras Polda Jatim ini mengimbau masyarakat supaya tidak percaya terkait penawaran-penawaran yang modusnya instan, yang ujung-ujungnya meminta mahar atau uang hingga meminta pulsa.

"Poinnya itu. Harus hati-hati dan jeli. Jangan terpengaruh dengan penawaran-penawaran yang sifatnya instan," tandasnya.

Berita Terkait