jatimnow.com
Pelukis Cilik Surabaya Sumbangkan Penjualan Karyanya ke Panti Asuhan

Xylone Margaretha melihat hasil karyanya yang dipamerkan di Galeri Icon Mall Gresik

jatimnow.com - Pelukis cilik asal Surabaya, Xylone Margaretha menggelar pameran tunggal dengan tajuk 'Art Journey Into Future' di Galeri Icon Mall Gresik. 50 lukisan berbagai ukuran dipamerkan hingga 13 Maret 2021.

Pameran ini merupakan rangkaian peringatan 17 tahun berdirinya Sanggar Daun, tempat Xylone belajar melukis. Sebagian karya Xylone yang terjual nantinya akan disumbangkan ke panti asuhan atau lembaga sosial lainnya.

Dalam karya yang dipamerkan, karya-karya ciptaan pelukis berumur 10 tahun itu bertemakan tentang air. Sedangkan teknik yang digunakan oleh Xylon kebanyakan menggunakan air.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Arik S. Wartono, pendiri sekaligus pembimbing utama Sanggar Daun menjelaskan bahwa spesifikasi atau karakteristik lukisan Xylone memang menggunakan cat air. Sedangkan media lukis yang digunakannya bisa di atas kertas atau kanvas.

"Xylone memang melukis menggunakan jenis material cat apapun mulai dari cat minyak, cat akrilik, cat poster, cat air atau campuran (mixed media). Namun yang menjadi spesifikasinya adalah cat air," ujar Arik usai pembukaan pameran, Sabtu (20/2/2021) malam.

Arik S. Wartono bersama Xylone Margaretha di Galeri Icon Mall GresikArik S. Wartono bersama Xylone Margaretha di Galeri Icon Mall Gresik

Arik melanjutkan, Xylone yang saat ini masih tercatat sebagai siswi kelas V SD Margorejo III Surabaya itu ternyata telah mengantongi banyak penghargaan dari lomba lukis, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Bahkan prestasi terbaiknya adalah saat karyanya yang berjudul Mobil Impian dinobatkan sebagai the best of the best di ajang Toyota Deam Car Art Contest 2018 di Tokyo Jepang.

"Setelah menjadi pemenang tingkat nasional, karya Xylone kemudian mewakili Indonesia ke ajang internasional Toyota Deam Car Art Contest 2018 di Tokyo. Di sana karya Xylone bersaing dengan juara dari 65 negara lainnya. Di ajang ini karya Xylone berhasil menyabet dua kategori yakni Gold Awward dan Enginering Awward sekaligus dinobatkan sebagai karya The Best of The Best," bebernya.

Tak hanya itu, lukisan Mobil Impian karya Xylone akhirnya dibuatkan miniatur oleh pihak Toyota karena lukisan tersebut secara desain memang bisa diproduksi menjadi bentuk yang nyata. Miniatur dari Mobil Impian karya Xylone tersebut juga ditampilkan dalam website resmi Toyota.

Loading...

"Selain pernah eksis dalam Art Contest Toyota di Jepang, Xylone juga pernah mengikuti Art Contest bertema Peace Pals yang digelar di Amerika Serikat," tandas Arik.

Berita Terkait