jatimnow.com
Amblesnya Jembatan Kedunglarangan Pasuruan Disebut Berbahaya

Titik yang ambles di Jembatan Kedunglarangan, Pasuruan

jatimnow.com - Kementerian PUPR BBPJN VIII menilai amblesnya Jembatan Kedunglarangan di Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan sangat berbahaya. Jembatan ini menjadi bagian jalur utama Surabaya-Banyuwangi.

"Tentu amblesnya ini sangat berbahaya. Sebab kalau jembatan rangka baja ini ada kerusakan satu titik dan tidak cepat diperbaiki, maka kerusakannya akan melebar. Sehingga ini akan cepat kita perbaiki," jelas PPK 35 Gempol-Probolinggo BBPJN VIII, Ida Bagus Yeladi, Rabu (24/2/2021).

Dari pantauan di lokasi, amblesnya jembatan ini disinyalir akibat rangka plat bondek tidak kuat menahan beban berat truk bermuatan batu yang melintas.

Baca juga:  Jembatan Kedunglarangan Pasuruan Ambles, Kendaraan Besar Dialihkan

"Plat bondeknya sudah berkarat sehingga dilewati truk kendaraan berat ambles," ungkapnya.

Yeladi masih belum menjelaskan detail kerusakan, selain permasalahan pada plat bondek. Namun pihaknya akan segera melakukan pembongkaran aspal, untuk mengetahui di titik mana saja kerusakan yang terjadi.

"Hari ini kita lakukan pembongkaran aspal, baru kita ketahui kerusakannya apa saja," tegasnya.

Atas kejadian tersebut, Yeladi meminta masyarakat bersabar. Sebab bisa saja saat pembenahan jembatan dilakukan, arus lalu lintas akan ditutup total.

Loading...

"Kami harap masyarakat bersabar, sebab bisa saja saat pembenahan jembatan nanti, seperti saat pengelasan, arus lalu lintas untuk sementara ditutup," tandasnya.

Berita Terkait