Pixel Code jatimnow.com

Kasus Corona Varian Baru dari Inggris, Satgas Surabaya: Belum Ada

Ilustrasi/ jatimnow.com
Ilustrasi/ jatimnow.com

jatimnow.com - Satgas Covid-19 Kota Surabaya hingga kini belum menemukan varian Corona baru dari Inggris, yang disebut para ahli jauh lebih menular dari varian Wuhan dan ditemukan di Indonesia.

"Belum ada," kata Ketua Satgas Covid-19 Kota Surabaya yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Febria Rachmanita menjawab secara singkat saat dikonfirmasi jatimnow.com, Selasa (2/3/3021).

Sedangkan Ketua Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur, dr. Joni Wahyuhadi saat dihubungi hingga pukul 15.52 Wib belum memberikan komentar.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI, Dante Saksono dalam jumpa pers virtual mengatakan telah mendeteksi varian virus baru

"Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," katanya.

"Artinya apa? Artinya kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat," imbuhnya.

Baca juga:
Kenali Sistem Imun Anda, Sebagai Perisai Melawan Varian Virus Baru

Varian baru dari Inggris itu diketahui dari 462 whole genome sequencing yang sudah dilakukan. Menurutnya, ini harus segera diantisipasi oleh pemerintah Indonesia.

"Dalam beberapa bulan ini kita sudah menemukan 2 kasus tadi malam, dan refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk lebih mengembangkan riset yang semakin cepat," kata Dante.

"Model penanganan yang lebih baik dan studi epidemiologis secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita," tutup Dante.

Baca juga:
Lima Kapal Asing Sandar di Surabaya, Catat Tanggalnya

 

Reporter: Ni'am Kurniawan