Petani Enggan Menanam Picu Kenaikan Harga Cabai Rawit di PIOS

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Sahlul Fahmi

Cabai rawit di PIOS

jatimnow.com - Kenaikan harga cabai rawit di pasaran termasuk di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) yang terjadi akhir-akhir ini dikarenakan mundurnya petani menanam bumbu yang memiliki rasa pedas itu.

Mundurnya petani menanam ini membuat stok cabai rawit nasional menjadi terbatas sehingga memicu kenaikan harga yang signifikan.

Dari pantauan jatimnow.com pada Minggu (7/3/2021), harga cabai rawit di lapak pedagang PIOS menembus harga Rp 110 ribu per kilogram.

Salah satu pedagang cabai rawit PIOS, Suwarno bahkan memprediksi harga cabai rawit bisa lebih mahal lagi dalam beberapa hari ke depan. Ia menyebut bahwa saat ini harga cabai rawit saat stabil di atas Rp 100 ribu per kilogram.

"Untuk hari ini saya jual Rp 110 ribu per kilogram, tapi prediksi saya masih bisa naik lagi hingga Rp 125 ribu per kilogram bahkan masih bisa lebih," terang Suwarno.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi pada rapat kerja membahas ketersediaan dan stabilisasi harga bahan pokok beberapa waktu lalu di Jakarta mengatakan jika mundurnya masa panen cabai rawit kali ini karena petani terlambat menanam kembali pasca musim panen Desember-Januari kemarin.

"Setelah musim panen Desember-Januari, petani enggan menjual hasil panennya karena harganya anjlok. Harga di petani hanya dibanderol Rp 8 ribu per kilogram," kata Agung Hendriadi.

Ia melanjutkan karena harga murah itulah kemudian petani jadi enggan menanam lagi sehingga terjadi keterlambatan penanaman. Selain itu faktor lain yang turut mempengaruhi berkurangnya stok cabai rawit saat ini adalah musim hujan.

Meski begitu Agung Hendriadi juga menyebut jika dari hasil survei yang dilakukan oleh instansinya bahwa petani di cabai rawit di Kediri dan Banyuwangi akan mulai panen setelah tanggal 20 Maret mendatang.

"Dua pekan ke depan diperkirakan stok cabai bakal melandai," pungkasnya.

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter