Pixel Code jatimnow.com

Dua Desa di Probolinggo Terendam Akibat Banjir Kiriman

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mahfud Hidayatullah
Petugas BPBD Kabupaten Probolinggo mengevakuasi warga terdampak banjir
Petugas BPBD Kabupaten Probolinggo mengevakuasi warga terdampak banjir

jatimnow.com - Dua desa di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo terendam banjir akibat kiriman air dari dataran tinggi di wilayah selatan kabupaten setempat, Senin (8/3/2021).

Banjir kiriman bercampur lumpur mulai masuk ke rumah warga pukul 17.15 Wib. Air yang merendam rumah warga di dua desa itu paling tinggi 1,5 meter. Sejumlah warga dievakuasi petugas menggunakan perahu karet.

Happy, salah satu warga Desa Dringu yang rumahnya menjadi langganan banjir mengaku, banjir saat ini lebih besar dibanding banjir pekan lalu.

"Pascabanjir kemarin kami sudah membersihkan rumah. Ternyata banjir kembali datang. Tapi saat ini air sudah mulai surut," ungkap Happy, Senin (8/3/2021) malam.

Baca juga:
Air Surut Sisakan Lumpur, Warga Jombang Waswas Banjir Susulan

Sementara Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo menjelaskan, banjir itu merupakan banjir kiriman dari wilayah selatan. Terpantau di wilayah selatan, mulai Kecamatan Bantaran, Kuripan dan Sumber dilanda hujan deras dalam waktu yang cukup lama.

"Sehingga air Sungai Kedunggaleng yang menjadi satu aliran dengan sungai tersebut naik dan meluap ke Desa Dringu dan Kedungdalem," ujarnya.

Baca juga:
Ratusan Rumah di Tulungagung Terendam Banjir Kiriman dari Trenggalek

Pendataan rumah terdampak belum dilakukan, lantaran petugas BPBD masih fokus mengevakuasi warga di dua desa tersebut ke tempat yang lebih aman.

"Kami masih fokus mengevakuasi warga mengunakan perahu karet," tandasnya.