Perbaikan Jalan Malang-Kediri yang Ambles Ditargetkan Selesai Akhir Pekan ini

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Galih Rakasiwi

Perbaikan jalan yang rusak

jatimnow.com - BPBD Kabupaten Malang menyebutkan jika jalur provinsi Kediri - Malang di Dusun Ngroto, Desa Lebaksari, Kecamatan Pujon, yang sebelumnya rusak diterjang longsor dapat kembali dilintasi pekan ini.

Plt Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menerangkan perbaikan badan jalan telah mencapai 60 persen.

Baca juga: Jalan Malang-Kediri yang Ambles Diperbaiki, Polisi Tutup Bagi Pengendara Roda 4

Meski sudah rata, petugas khawatir bila dilalui kendaraan berat akan longsor kembali.

"Kita menunggu material mengeras dahulu, terutama bagian pinggir tebing. Kalau badan jalan sudah rata kok sekarang. Target kami akhir pekan ini sudah dapat dilalui dengan sistem buka tutup. Hal itu dilakukan karena jika langsung dibuka semuanya dalam keadaan material belum mengeras sepenuhnya dapat terjadi ambrol lagi," jelasnya, Kamis (11/3/2021).

Menurutnya, sebenarnya ada jalan alternatif melalui jalan Desa Sukumulyo, Pujon Kidul yang tembus ke Desa Sebaluh. Namun itu tidak direkomendasikan oleh BPBD Kabupaten Malang karena bukan jalan protokol.

"Di sana jalan kelas desa, sempit, menanjak, dan berbahaya untuk kendaraan berat. Bahkan Sabtu kemarin ada truk yang tidak kuat menanjak sehingga berjalan mundur dan menabrak mobil dibelakangnya hingga rusak parah," ujar dia.

Agar tidak terulang, pihaknya dibantu warga setempat telah memasang pemberitahuan kepada para pengendara bila jalan ini tidak bisa dilewati.

"Saran kami roda empat tidak memaksakan lewat jalan ini. Makanya agar segera normal kembali pengerjaan tengah dikebut sehingga roda empat sudah dapat melintas. Jadi kita tunggu saja, DPU Bina Marga bekerja dengan cepat. Semoga segera selesai," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter