jatimnow.com

Tertukar, Makam Jenazah Pasien Covid-19 di Ponorogo Dibongkar

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Makam jenazah pasien Covid-19 di Ponorogo yang tertukar akhirnya dibongkar 🔍
Makam jenazah pasien Covid-19 di Ponorogo yang tertukar akhirnya dibongkar

jatimnow.com - Dua jenazah pasien Covid 19 di Ponorogo tertukar, Rabu (24/3/2021). Salah satu di antaranya sudah dimakamkan di Pemakaman Bibis, Kelurahan Kepatihan, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo.

Salah satu petugas Satgas Covid-19 Ponorogo, Arim Kamandaka menyebut, dari data yang ada, jenazah pertama bernama Agus Setiono (57), warga Kecamatan Badegan. Sementara jenazah kedua adalah Andra Yudi Sambodo (37), warga Kecamatan Ponorogo.

"Mereka tertukar. Saya bilang itu manusiawi. Mungkin karena memang bersamaan," ujar Arim.

Arim menceritakan, kedua pasien itu meninggal di waktu yang hampir bersamaan. Pihak rumah sakit kemudian melakukan pemulasaran terhadap jenazah kedua pasien. Setelah itu kedua jenazah disemayamkan di salah satu tempat.

Loading...

"Yang pertama itu sebenarnya Agus. Sudah diberi tanda pada bagian atas peti. Tapi memang kecil bertuliskan nama Agus," ungkapnya.

Penanganan jenazah itu kemudian dialihkan oleh petugas pemulasaran kepada sopir ambulans.

"Mungkin ada miss. Petugas memberikan informasi ke sopir bahwa jenazah yang seharusnya Agus itu bernama Andra," bebernya.

Diduga ada ketidakcermatan pihak rumah sakit (RS) dan petugas pemakaman yang di lokasi. Sebab ketika jenazah turun dari ambulans, langsung diterima dan dimakamkan.

"Ketika turun dari ambulans itu pertama langsung kami kuburkan. Ketahuannya dari RS ketika mau mengantarkan jenazah kedua ke Badegan. Rupanya ditulisan peti bernama Andra. Berarti kan salah," paparnya.

Akhirnya, lanjut Arim, pihaknya langsung menghubungi petugas lapangan. Padahal jenazah pertama sudah dimakamkan pada pukul 12.00 Wib. Sehingga harus dibongkar lagi pada pukul 17.00 Wib.

"Opsinya tentu saja dibongkar. Andra dimakamkan di sini. Agus ke Badegan," pungkasnya.

Loading...