Mensos Upayakan Beasiswa Bagi Anak Pelaku dan Korban Teroris

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Mensos Idrus Marham saat berada di kampus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

jatimnow.com – Menteri Sosial Idrus Marham berencana  memberikan bantuan kepada anak eks pelaku serta anak korban teroris di seluruh Indonesia. Bantuan yang diberikan itu berbentuk beasiswa.

Penegasan itu disampaikan Idrus Marham saat menghadiri wisuda di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Sabtu (3/3/2018).

"Waktu saya diundang Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) menyampaikan pesan presiden Jokowi bahwa beliau tidak ingin satupun anak bangsa yang terdampak bencana sosial seperti korban teror ini yang tidak tertangani. Sehingga kami berencana memberikan bantuan beasiswa," kata Idrus.

Idrus yang saat ini datang ke Untag juga dalam rangka napak tilas itu, mengatakan bahwa instrumen bantuan yang akan diberikan itu berupa konsep yang hampir sama dengan bantuan yang diberikan pada Program Keluarga Harapan (PKH).

"Instrumen yang sudah ada adalah PKH dan tentu uang itu dapat digunakan untuk pendidikan anaknya, sedangkan kebutuhan sehari-hari ada pada Rastra. Jadi nanti dapat PKH dan Rastra," ungkapannya.

Secara komulatif, tambahnya. Kemensos juga akan memberikan bantuan yang cukup banyak, karena pihaknya juga mengupayakan sinergitas dengan kementrian lain yang terkait, seperti untuk mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

"Penyalurannya akan rutin, Rastra tiap bulan PKH empat tahap dalam tiga bulanan. Jadi, ini sudah rutin maka kami nyatakan siap tinggal menambahkan ornamen tambahan lain," urainya.

Selain itu, dalam jangka panjang Kemensos juga menyiapkan konsep pemberdayaan masyarakat seperti membentuk usaha kecil bekerjasama dengan kementrian lain dan pengusaha.

Reporter: Fahrizal Tito

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter