Event Sambang mBatu 2021, Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Lewat Seni Budaya

Rombongan wisatawan menikmati pertunjukan seni

jatimnow.com - Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu menampilkan seni budaya khas Kota Batu kepada ratusan wisatawan dan agen travel yang mengikuti 'Event Sambang mBatu 2021' di Sendra Tari Arjuna Wiwaha, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Sabtu (3/4/2021).

Rombongan wisatawan dari Jakarta, Jogja, Solo, Bali, dan daerah lainnya itu pun terkesima melihat keunikan budaya seperti Bantengan, Tari Barong, Tari Jaran Kepang, Sanduk, dan lainnya.

Kepala Disparta (Kadisparta) Kota Batu, Arief As Sidiq berharap kegiatan itu dapat menggeliatkan wisata untuk segera pulih sehingga dapat menggerakkan ekonomi secara cepat dan mendorong titik-titik ekonomi baru.

Menurutnya, selain memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa, Kota Batu memiliki ragam seni budaya yang menjadi instrumen untuk menarik minat wisatawan lokal maupun luar negeri.

"Seni budaya mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Batu. Beberapa kesenian kita tampilkan dengan cara yang apik. Keinginan kita yaitu mereka bisa mengenal lalu menceritakan pada khalayak di sana bahwa banyak ragam budaya kesenian di Kota Batu," jelas Arief.

Acara tersebut juga bisa mewujudkan eksistensi jati diri seni budaya sebagai daya tarik wisata yang aman, sehat, bersih, dan lestari saat Pandemi Covid-19.

Geliat wisata harus ditumbuhkembangkan secara terus menerus dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, dan lainnya.

"Dengan konsep yang bagus, seni budaya berbalut musik berkualitas yang disuguhkan nanti bisa jadi contoh kegiatan-kegiatan ditempat lain yang ada di Kota Batu. Event ini tak hanya menggerakkan sektor wisata melainkan bisa memberi ruang dan wadah seniman Kota Batu untuk bereksperesi," terang Arief.

Loading...

Tidak hanya mendatangi sendra tari, panitia event dalam paket perjalanan rombongan juga diajak mendatangi beberapa destinasi wisata yang ada seperti Jatim Park, Baloga, Museum Angkut, dan lainnya.

"Jadi panitia mengadakan paket kunjungan ke Kota Batu, selain kita dukung wujud kerjasamanya yaitu mereka mampir ke sini," tandasnya. (ADV)

Berita Terkait