Ini Langkah Pemkot Bikin Kota Pasuruan Bersih dan Terjaga Lingkungannya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Moch Rois

jatimnow.com - Wali Kota Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melaunching pasukan khusus bernama Laskar Sapu Bersih (LSB) dan menanam Pohon Tabebuya di Kota Pasuruan. Itu dilakukan agar Kota Pasuruan tetap bersih dan cantik.

"Dari dulu tukang sapu memang sudah ada, tapi belum maksimal. Semangatnya tidak ada dan kurang terstruktur. Saya ingin lebih tertata, terstruktur agar Kota Pasuruan ini bersih. Hari ini kita launching Laskar Sapu Bersih (LSB)," jelas Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul, Kamis (8/4/2021).

LSB ini beranggotakan 229 orang. Mereka bekerja secara bergantian atau dibagi per shift yaitu pagi, siang, dan malam.

Sistem kerjanya pun mobile atau berkeliling. Ada sampah, langsung disapu dan dibersihkan agar lingkungan tetap terjaga, dan bersih.

"Bedanya dengan sebelumnya, LSB ini kerjanya ada shift. Pagi ada yang gerak 90 orang itu habis Salat Subuh. Setelah itu, ada 20 orang yang jaga pagi sampai siang. Siang sampai sore sekitar 90 orang, dan sisanya itu malam," ujarnya.

Selain menekankan semangat kerja pasukan LSB. Gus Ipul juga mengajak peran serta masyarakat untuk sadar menjaga kebersihan. Sebab, urusan kebersihan Kota Pasuruan adalah tanggung jawab semua warganya.

"Untuk masalah sampah dan kebersihan ini bukan hanya tanggung jawab LSB, petugas kebersihan semata, tapi tanggung jawab semuanya," lanjutnya.

Untuk penanaman Pohon Tabebuya akan dilakukan di jalan raya Kota Pasuruan.

"Saat ini penanaman Pohon Tabebuya baru di Jalan Raya Panglima Sudirman. Ini akan kita lakukan terus seluruh jalan di Kota Pasuruan, disesuaikan dengan anggaran yang ada," tandasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter