Unik, Andong hingga Mobil Offroad ada di Wisuda Drive Thru UWK Surabaya

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Ni'am Kurniawan

jatimnow.com - Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) kembali menggelar wisuda drive thru tahun akademik 2020/2021, Sabtu (10/4/2021).

Dalam moment tersebut, terlihat pemandangan unik dari para wisudawan. Salah satunya Whisnu Murti, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UWKS asal kota Surabaya. Ia membawa mobil offroad miliknya.

"Kebetulan saya hari ini wisuda, jadi pengen beda kayak yang lain gitu. Jadi saya pakai mobil offroad saya ini," ujar Whisnu.

Lulusan IPK 3,5 tersebut menyebut, dirinya sangat hobi dengan olahraga offroad. Ia juga mengaku hobinya tersebut juga turut mendapat support dari pihak kampus.

"Alhamdulillah saya sejak semester 3 hingga lulus tidak pernah bayar kuliah. Dibiayai sama kampus karena Alhamdulillah berprestasi juga di bidang offroad ini," katanya.

Pria yang juga tergabung dalam Indonesia Offroad Federation (IOF) Jawa Timur tersebut juga mengaku telah menekuni olahraga offroad sejak duduk di bangku kelas 6 Sekolah Dasar (SD), Beberapa kali kejuaran telah ia lakoni dan beberapa kali juga menorehkan juara, mulai dari lokal daerah hingga ditingkat nasional.

"Terakhir di 2019 saya juara 1 di tingkat nasional, trus di Januari 2019 juga di tingkat nasional juara 2," jelasnya.

Sementara itu, hal unik selanjutnya juga dilakukan oleh Sulistyo mahasiswa Fakultas Hukum UWK Surabaya yang datang wisuda bersama keluarga menggunakan andong alias delman.

"Kenapa kok saya memakai andong, karena kampus ini kan kampus budaya, yang cinta akan budaya. Backgroundnya kan selalu kerajaan Majapahit yaitu Raden Wijaya, mangkanya di dalam prosesi wisuda selalu ada tarian-tarian atau punggawa-punggawa kerajaan, dan dari situlah ide saya," jelasnya.

Ia mengaku sengaja memesan andong yang ia datangkan dari Kabupaten Gresik untuk mengantarnya dalam prosesi wisudanya kali ini.

"Saya kemarin ambil di Gresik Menganti, karena kebetulan di Surabaya jarang. Andong ini sudah dihias jadi nggak kayak di desa," katanya

"Sebetulnya keluarga ya malu, yang lain nggak ada seperti ini kok kita nyeleneh. Tapi ya sudah karena saya cinta budaya ya jadi saya datangkan andong untuk sarana transportasi saya," sambungnya.

Pria yang lulus secara memuaskan dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,86 itu juga menyebut puas telah membuat rekan-rekannya melongo melihat aksinya.

"Nah ini kan semoga menginspirasi saja, bahwa di moment seperti ini kan kalau andong kan tidak menghasilkan asap jadi udara ini bisa segar. Justru dari kampus malah tidak ada yang tahu kalau saya pakai Andong," terangnya.

Rektor UWKS, Prof. H. Sri Harmadji, dr.Sp.THT-KL (K) juga mengucapkan selamat atas kelulusan mahasiswanya.

"Selamat atas kelulusan dan keberhasilan para wisudawan memperoleh gelar akademik yang sesuai dengan bidang ilmu yang saudara tempuh. Jadilah magister dan sarjana yang memiliki nalar jiwa raga dan hatinya dengan jati diri ke Wijaya Kusuma-an, yang memuat sikap budi pekerti luhur, teguh, teteg, tatag, tanggon dan trapsila, sebagai ciri khas atau jati diri keluarga besar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya," ucapnya.

Untuk diketahui, dalam tahun akademik 2020/2021 wisuda drive thru pada hari ini ikuti oleh 473 wisudawan dengan rincian 27 wisudawan dari Fakultas Teknik, 27 wisudawan dari Fakultas Pertanian.

67 wisudawan dari Fakultas Hukum, 156 dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 32 wisudawan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 24 wisudawan dari Fakultas Bahasa dan Sains, 123 wisudawan dari Fakultas Kedokteran, dan 17 wisudawan dari Fakultas Kedokteran Hewan.

Dalam prosesi wisuda tersebut, penerapan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat, baik wisudawan dan rektor memakai masker hingga faceshield

"Panitia wisuda merancang prosesi wisuda drive thru ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 5 M,” terang Ir. H. Soepriyono, MT, Wakil Rektor Bidang Akademik UWK Surabaya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter